>
Minggu, 04 Agustus 2019 00:35

Aksi Coastal Clean Up Di Pantai Leato Selatan Kumpulkan 831 Kg Sampah

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan Coastal Clean Up di Pantai Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Sabtu (3/8/2019).

Bersih-bersih pantai ini diikuti 450 orang yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo, Pemerintah Kecamatan Dumbo Raya, Pemerintah Kelurahan Leato Selatan, perwakilan dari JICA, Komunitas Lingkungan, LSM peduli Lingkungan, anak-anak pramuka tingkat SMU dan masyarakat Leato selatan.

Para peserta bersih-bersih pantai ini berjalan sepanjang 1,5 km di kawasan yang banayk terdapat smpah, mereka kemudian bergerak memunguti sampah yang ada di Pantai Leato Selatan.

“Peserta dan kawasan yang dibersihkan dibagi menjadi 6 zona, dari zona 1 sampai zona 6 lalu bergerak bersama do zona masing-masing. Sampah yang dipungut antara lain sedotan, styrofoam, botol plastik, kantong plastik, dedaunan, karton, ranting kayu, dan sampah lastik lainnya,” kata Nugie dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nugie  menjelaskan, coastal clean up ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan semua pihak dalam melakukan pengurangan dan penanganan sampah plastik di wilayah pesisir.

Peran dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam melakukan pengurangan dan penanganan sampah di tingkat sumber.

“Permasalahan sampah adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan kolaborasi yang baik antara Pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, kami yakin program seperti ini dapat meningkatkan value kawasan pantai menjadi aset yang bernilai tinggi,” ujar Nugie.

Pada aksi Coastal Clean Up ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  menyumbang 5 unit tempat sampah yang terbuat dari drum bekas dan beberapa jenis peralatan kebersihan antara lain sapu lidi, serokan, keranjang sampah yang dapat digunakan oleh masyarakat setempat.

Tempat sampah tersebut diletakkan di sepanjang kawasan pantai. Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut menghasilkan sampah sebesar 831 kg yang terdiri dari sampah organik dan anorganik.

 

Pewarta : Yenni Rahmawaty – Dinas LHK

Baca 559 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo