>
Kamis, 18 Juli 2019 11:17

Dinas Kumperindag Buka Business Class Bagi UMKM

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Business Class Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) bertempat di ruangan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo.

Bersama konsultan PLUT-KUMKM, Dinas Kumperindag melakukan edukasi dan pendampingan bagi pelaku usaha di Gorontalo.

“Pendaftaran peserta kami secara online dan untuk efektifitasnya dibatasi hanya 20 orang per kelas,” kata Lyla Ramziah Laya, Kepala Bidang UMKM, Kamis (18/7/2019).

Lyla Ramziah Laya menjelaskan suksesnya UMKM itu bukan sekadar banyak menjual produk atau jasanya, tapi strategi marketing yang mereka jalankan dengan disertai rapinya pencatatan keuangan usaha.

“Salah satu kesalahan yang sering menjerumuskan pelaku adalah mencampuradukkan keuangan. Pelaku pemula kerap kebingungan memisahkan keuangan pribadinya dari keuangan perusahaan. Hal inilah yang akan menimbulkan kerancuan,” ujar Lyla Ramziah Laya.

Ia melihat tidak sedikit pelaku usaha yang tidak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian usaha yang mereka jalankan dikarenakan mereka mencampuradukan biaya dan hasil bisnisnya ke dalam satu wadah dan memakainya untuk keperluan sehari-hari.

Berdasar kasus-kasusnya seperti itu PLUT KUMKM Provinsi Gorontalo membuka Kelas Bisnis pada hari ini dengan tema "Pencatatan Laporan Keuangan dengan Metode SEMAR MESEM".

SEMAR MESEM sendiri merupakan metode pencatatan laporan keuangan yang sederhana, mudah, murah dan bikin mesem ( tersenyum ) yang disingkat SEMAR MESEM dan dapat diaplikasikan pada HP android sehingga bisa mencatat di mana dan kapan saja.

 

Pewarta : Ramli Mohune - Dinas kumperindag

Baca 580 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo