>
Selasa, 25 Jun 2019 16:15

Guru SMA/SMK Dapatkan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, Humas – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Kementarian Pariwisata dalam pengembangan sekotor pariwisata di daerah. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dasar kepada para guru SMA/SMK se Provinsi Gorontalo terkait dunia pariwisata.

Kegiatan yang dilaksnakan di gedung Grand Palace Convention Center, Selasa (25/6/2019) tersebut di buka oleh Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba dengan menghadirkan narsumber dari Kementerian Pariwisata RI.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Nancy Lahay mengatakan, guru dan sekolah itu tidak bisa dipisahkan. Semua bidang tentu membutuhkan guru sebagai dasar pengembangan, termasuk pariwisata. Melalui perannya sebagai tenaga pendidik, guru diharapkan mampu mencetak SDM yang profesional, yang mampu mengembangkan potensi pariwisata di Gorontalo.

“Multiplier effect dari pariwisata itu sangat luas sekali. jadi semua stakeholder harus terlibat didalamnya termasuk guru-guru,” kata Nancy.

Nancy mengungkapkan, potensi pariwisata Gorontalo tidak kalah dari daerah lain, hanya memang yang harus disadari potensi pariwisata kurang terekspos dan SDM yang ada untuk mengekspos semua potensi yang ada di Gorontalo masih sangat minim, begitu juga belum adanya kesadaran masyarakat akan pariwisata itu sendiri.

“Kami berharap melalui tangan-tangan bapak ibu guru bisa melanjutkan apa yang menjadi program Dinas Pariwisata maupun program Kementerian pariwisata. Sehingga generasi muda kita lebih sadar wisata. Sadar wisata bukan hanya memanfaatkan potensi yang ada tetapi sadar wisata juga untuk menjaga lingkungan ada di tempat wisata, karena prinsip pariwisata itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” harap Nancy.

Sementara itu, Sekda Darda Daraba memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata karena kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sangat konsisten.

“Sebelumnya saya buka kegiatan pelatihan dasar goes to school untuk siswa SMA/SMK sekarang gurunya yang dapat pelatihan. Kalau guru dengan siswanya kita bekali dengan pelatihan kepariwisataan ini sangat luar biasa untuk memajukan sektor pariwisata daerah kita,” ungkap Darda

Kita tahu bersama, sampai saat ini sektor pariwisata yang menjadi garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian secara nasional maupun daerah. di Gorontalo sendiri sektor pariwisata merupakan salah satu dari delapan program unggulan bapak gubernur dan wakil gubernur . Oleh sebab itulah menurutnya tepat sekali kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan kali ini digelar.

“Jika semuanya ini didukung dengan SDM yang memadai tentunya promosi untuk peningkatan kunjungan wisata di Gorontalo akan semakin baik,” tandasnya.

Pewarta: Nova

Baca 1777 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo