>
Rabu, 13 Maret 2019 20:42

Kelola Info Publik, Diskominfotik Gorontalo Gandeng Mahasiswa Komunikasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, Diskominfotik – Guna meningkatkan pengelolaan informasi publik, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) menggandeng mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Caranya dengan menyebarkan informasi yang baik dan benar serta menjadi agen informasi pemerintah kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang IKP Yulindawaty Rauf saat menerima puluhan peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Ilmu Komunikasi UNG di Aula Diskominfotik, Rabu (12/3).

“Sampai saat ini Kominfo terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Menjalin sinergi dengan beberapa instansi. Tentunya, kami sangat mengharapkan kepada mahasiswa utamanya mahasiswa Ilmu Komunikasi agar menjadi perpanjangan tangan kami untuk memberikan informasi yang terverifikasi kebenarannya,” jelas Yulin.

Penyebaran informasi publik yang baik, lanjut kata Yulin, tidak saja menjadikan masyarakat tercerahkan dalam mengkonsumsi informasi, tapi juga diharapkan mampu menekan informasi hoax. Informasi yang tidak benar dan disampaikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Salah satunya melalui pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap OPD Pemprov Gorontalo. Tugasnya untuk melayani permintaan data dan informasi juga berperan sebagai humas di OPD masing-masing.

“Disamping itu dinas Kominfo juga giat melakukan penguatan KIM ( kelompok Informasi Masayarakat) di kabupaten kota agar seluruh informasi yg ada pdi masyarakat dapat diketahui oleh khalayak umum,” imbuhnya.

Sementara ituz, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Citra Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom. mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dinas Kominfo dan Statistika yang sudah menerima kunjungan mahasiswa PKL

“Mewakili mahasiswa dan Prodi Ilmu Komunikasi UNG, kami sangat mengapresiasi kinerja dari Dinas Kominfo dan Statistika. Karena telah cepat tanggap dalam memberikan pelayanan informasi serta memudahkan akses kunjungan,” tutur Citra disela-sela menutup kegiatan kunjungan.

PKL tersebut diikuti oleh 56 mahasiswa yang mengambil konsentrasi Humas dan Pemasaran serta 2 dosen pendamping PKL. Mereka diharapkan dapat mengenal lebih dekat dunia kerja sebelum dinyatakan lulus dan meninggalkan dunia kampus.

Pewarta: Julianur Husain (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNG)
Editor: Isam (Humasprov)

Baca 123 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo