>
Rabu, 30 Januari 2019 08:18

Kemenperin Kembangkan Potensi Gorontalo Lewat Program Kelapa Terpadu

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, Humas – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM), akan mengembangkan potensi kelapa di Provinsi Gorontalo melalui Program Kelapa Terpadu. Hal itu diungkapkan Dirjen IKM, Gati Wibawaningsih, pada pertemuan dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, di rumah jabatan Wagub, Selasa (29/1/2019).

“Menindaklanjuti kunjungan bapak Menteri Perindustrian ke Gorontalo beberapa waktu lalu, kami datang untuk melihat apa yang bisa kami lakukan untuk mengembangkan, memberdayakan, dan memaksimalkan potensi tersebut. Kami punya program Kelapa Terpadu untuk Gorontalo,” kata Dirjen IKM, Gita Wibawaningsih.

Menurutnya, potensi kelapa Provinsi Gorontalo luar biasa, yang dibuktikan dengan hadirnya pabrik tepung kelapa yang berskala global. Namun, lanjut Gita, potensi kelapa masih perlu dikembangkan dan diolah menjadi produk-produk yang bernilai ekspor.

“Untuk tepung kelapa itu yang digunakan hanya daging kelapanya saja. Terus batok dan sabutnya kan belum diolah, padahal itu bisa menjadi produk yang pasar ekspornya besar sekali. Batoknya bisa diolah menjadi arang aktif, begitu juga dengan sabut kelapa. Jok mobil mercy saja pakai sabut kelapa, motor gesit juga pakai sabut kelapa,” imbuhnya.

Pada kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo, Dirjen IKM Gati Wibawaningsih, menjadi salah satu narasumber pada Dialog Publik 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK dengan tema Peluang dan Tantangan Generasi Muda Menghadapi Revolusi 4.0 yang berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo. Dirjen IKM mengapresiasi potensi sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo. Dirinya mengakui, meskipun Provinsi Gorontalo jauh dari Ibukota Negara, tetapi sumber daya manusianya bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

“Kalau kita lihat Gorontalo itu sangat jauh dari Jakarta, belum tentu semua orang datang ke Gorontalo. Tetapi ternyata ada mahasiswa Gorontalo yang diundang untuk memberikan paparan di United Nation, ini sangat membanggakan. Potensi SDM Gorontalo bagus sekali. Gorontalo perlu digandeng oleh pemerintah pusat untuk lebih dikembangkan lagi,” ujar Gita Wibawaningsih.

Sementara itu Wagub Idris Rahim yang turut didampingi oleh Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba bersama Asisten Bidang Pemerintahan Sukri Botutihe dan Kepala Dinas Kumperindag Mohamad Nadjamudin, mengapresiasi upaya pemerintah pusat melalui Kemenperin untuk mengembangkan potensi kelapa Gorontalo. Idris mengutarakan, Pemprov Gorontalo sangat membutuhkan dukungan pemerintah pusat melalui berbagai program untuk mewujudkan visi masyarakat Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera.

“Dukungan dan sinergi program seperti inilah yang sangat kami butuhkan untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo,” tandas Idris. (Hmsprov - Haris)

Baca 272 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo