>
Senin, 29 Juli 2019 22:11

Koperasi Harus Manfaatkan Teknologi Informasi Di Era Digitalisasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Di era Revolusi Industri 4.0 koperasi dituntut kompeten dan professional agar bisa beradaptasi dengan dinamika usaha yang semakin canggih.

Pengelolaan koperasi yang konvensional sulit untuk beradaptasi dan akan kalah bersaing dengan jneis usaha lain yang lebih adaptif dengan perkembangan industry teknologi informasi.

“Pengelola koperasi harus kompeten dan professional, memahami dunia digital di masa industry 4.0 ini,” kata Idris Rahim, Wakil Gubernur Gorontalo pada peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar di Gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Senin (29/7/2019).

Idris Rahim membeberkan kelemahan koperasi adalah lemahnya pengembangan dan pengelolaan koperasi dari era digitalisasi, kondisi ini harus segera diakhir agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana usaha lainnya.

“Makanya Koperasi dan UKM di Provinsi Gorontalo harus reformasi,” kata Idris Rahim.

Reformasi ini penting agar dapat menyelamatkan usaha koperasi dan kegiatan di sektor hulu yang ditanganinya, termasuk menyelamatkan banyak anggotanya.

"Inilah dasar penting untuk menghasilkan koperasi harus mengikuti arus perkembangan digital saat ini, seperti  teknologi digital, e-commerce, dan aplikasi retail online untuk mengembangkan usahanya,” tutur Idris Rahim.

Tema peringatan Hari Koperasi ke-72 yaitu ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’. Melalui pemanfaatan teknologi digitalisasi diharapkan Koperasi mampu merangkul generasi milenial sebagai kekuatan dan modal besar dalam upaya pemerataan kesejahteraan rakyat

Saat ini di Provinsi Gorontalo terdapat 1287 koperasi yang beranggotakan 136.912 orang dan data UKM 81.776 unit.

Dalam kesempatan yang sama Idris Rahim menyerahkan penghargaan kepada tokoh koperasi Gorontalo, serta hadiah kepada Koperasi Berprestasi tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019

 

Pewarta : Ramli Mohune – Dinas Kumperindag

Baca 775 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo