>
Kamis, 06 Desember 2018 13:53

Nuansa Adat Warnai Sidang Paripurna HUT ke-18 Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, Humas – Pelaksanaan Sidang Paripurna HUT Provinsi Gorontalo ke-18 di Gedung DPRD, Rabu (5/12/2018), berlangsung dengan nuansa adat Gorontalo. Di bagian depan para tamu sudah disambut dengan gerbang adat atau alikusu.

Tangga depan kantor DPRD dipercantik dengan tolitihu atau tangga adat lengkap dengan potongan bambu yang menyerupai mulut buaya atau lebih dikenal dengan ngango lo huwayo. Ruang sidang anggota DPRD juga disulap menyerupai puade atau tempat duduk pengantin pada pesta adat Gorontalo.
Dekorasinya semacam ada penyelenggaraan pesta. Yaa namanya kan upacara jadi kita bikin dengan nuansa adat Gorontalo. Memang ini bukan penyelenggaraan adat secara penuh atau pohutu, tapi nuansananya nuansa adat,” terang Sekretaris Dewan Sul A. Moito.
Sekitar pukul 09.00 Wita Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama ibu Idah Syahidah tampak telah tiba di gedung DPRD. Keduanya disambut dengan tarian adat longgo, tarian penjemputan untuk tamu kehormatan. Rombongan lantas diarak menuju ke dalam ruang sidang dengan tabuhan rebana dan saia atau semacam nyanyian nuansa islami.
Suasana adat pelaksanaan Paripurna DPRD semakin lengkap dengan pakaian khas karawo yang dikenakan oleh panitia. Baik laki maupun perempuan menggunakan seragam karawo dengan warna khas provinsi yakni ungu yang juga sebagai warna adat Gorontalo.(hMSPROV-iSAM).

 

Baca 22 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2018, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo