>
Selasa, 28 Mei 2019 15:09

Pentingnya Koordinasi Lintas Instansi Untuk Penanganan Penyandang Masalah Sosial

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi daerah rehabilitasi sosial korban penyalahgunaan Napza.

Napza kepanjangan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Napza adalah semua zat kimiawi yang jika dimasukkan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral  seperti diminum, diisap, dihirup dan disedot maupun disuntik, dapat mempengaruhi kejiwaan/psikologis dan kesehatan seseorang, serta menimbulkan kecanduan atau ketergantungan.

Rapat yang berlangsung Senin (13/5/2019) lalu dibuka oleh Darda Daraba, Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo  dengan menghadirkan nara sumber Beni Sujanto, Kepala Subdirektorat Kelembagaan Kementerian Sosial, Reyke Uloli Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Iskandar Misilu Sekertaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Didi Wahyudi Bagoe Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Budi Kurniawan Kiyai Kepala Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi Badan Nasional Narkotika Provinsi Gorontalo.

Peserta rapat yang digelar di Hotel Grand Q Kota Gorontalo diikuti 90 orang  yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, Kab/Kota yang terkait dinas sosial, dinas kesehatan, juga lembaga yang peduli terhadap korban penyalahgunaan Napza.

“Rapat Koordinasi lintas sektor ini sangat diperlukan karena berkaitan dengan proses antarpihak dalam kegiatan masing-masing yang saling mendukung,” kata Risjon Kujiman Sunge, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo, Senin (28/5/2019).

Risjon Kujiman Sunge menjelaskan dalam rapat ini koordinasi komunikasi dan sinkronisasi program rehabilitasi sosial korban penyalahgunaan Napza yang dilaksanakan di masing-masing instansi.

Diharapkan koordinasi ini akan memudahkan penganganan penyandang masalah kesejahteraan sosial tetap terpadu, bersinergi, dan berkesinambungan.

 

Pewarta : Yoan Talib - Dinas Sosial

Baca 154 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo