>
Minggu, 21 Juli 2019 14:22

Sambal Sagela Dorong Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Para pelaku usaha perajin sambal sagela  memberi kontribusi  yang nyata dalam dinamika perekonomian di Provinsi Gorontalo.

Dari para pelaku industri rumah tangga inilah ikan julung-julung tangkapan nelayan diserap setelah melalui proses pengasapan oleh pelaku usaha lainnya. Rantai produksi sambal sagela ini telah menghidupkan banyak warga di berbagai daerah pesisir.

Karena perannya dalam menghidupkan siklus produksi inilah para perajin sambal sagela memiliki sumbangan yang nyata dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Para perajin produk ini sebagian besar adalah kaum ibu sehingga wanita memiliki peran besar pada peningkatan ekonomi.

Sambal sagela sebagai produk olahan rumahan telah menjadi komoditas yang diperhitungkan dalam menggerakkan ekonomi daerah. Di banyak gerai dan toko, sambal sagela selalu ditemukan dengan cita rasanya yang khas.

“Dinas Pangan Gorontalo dalam program konsumsi dan keamanan pangan terus berupaya memberdayakan para pelaku usaha kecil menengah dalam menjaga kualitas produk sambal sagela. Wisatawan yang datang ke daerah ini tidak susah mencari sambal sagela,” kata Sila Botutihe, Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo seusai membuka rembuk pelaku ushaa sambal sagela di Kota Gorontalpo, Sabtu (20/7/2019).

Salah seorang pelaku usaha sambal sagela, Zahra khan berharap  ada gerai yang khusus menyajikan produk olahan ikan sagela dari semua pelaku usaha.

“Kalau ada gerai, perajin sambal sagela akan lebih fokus pada kualitas produk agar lebih bergaung di luar daerah,” ujar Zahra Khan.

 

Pewarta : Hariman - Dinas Pangan

Baca 631 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo