>
Selasa, 25 Jun 2019 20:20

SDM Pariwisata Harus Memiliki Standar Setara Masyarakat Ekonomi ASEAN

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan dasar sumber daya manusia kepariwisataan bagi guru se-Provinsi Gorontalo.

Narasumber pelatihan ini adalah Nurlaila, Kepala Bidang Hubungan Antarlembaga I Unit Kerja Asisten Deputi Pengemmabgan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Suwarno Basiru.

Pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah, Darda Daraba ini diikuti oleh guru SMA dan SMK Jurusan pariwisata, dinas pendidikandan dinas pariwisata kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar SDM kepariwisataan bagi para guru, yang selanjutnya diharapkan menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan pariwisata di daerah,” kata Darda Daraba, Selasa 925/6/2019).

Darda Daraba juga berharap peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan kualitas kepariwisataan, terutama mereka yang tinggal berdekatan dengan destinasi pariwisata.

Sekretaris Daerah ini juga mengingatkan SDM pariwisata harus meningkatkan jumlah maupun kualitas sesuai standar Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kalau SDM berkualitas maka ia memiliki keunggulan komparatif jika dibandingkan tenaga kerja dari Negara lain,” kata Darda Daraba.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Nancy Lahay mengharapkan pariwisata dapat menjadi sector penting dalam mendorong peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha dan infrastruktur sehingga perlu secara serius menggarapnya untuk kepentingan daerah dan nasional.

 

Pewarta : Intan – Dinas Pariwisata

Baca 1774 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo