>
Senin, 17 September 2018 09:27

Sesdirjen PHU Ingatkan Harga Referensi Umroh

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, Humas – Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Sesdirjen PHU) Kementrian Agama RI Muhadjirin Yanis mengingatkan travel untuk harga referensi ibadah umroh. Menurut Muhadjirin, agen travel tidak boleh menjual harga paket umroh lebih rendah dari harga yang sudah ditetapkan pemerintah yakni Rp20 Juta untuk setiap jamaah.
“Harga referensi yang yang diberikan ini sebagai bentuk pengawasan. Jadi sekarang begitu ada iklan travel yang menjual di bawah Rp20 Juta langsung dipanggil untuk dimintai keterangan,” jelas Muhadjirin saat menghadiri pengresmian Travel Haji dan Umroh Albis Nusa Wisata bertempat di Mess Haji, Kota Gorontalo, Sabtu (15/9/2018).

Lebih lanjut mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo itu menjelaskan, praktik jamaah umroh gagal berangkat disebabkan harga paket yang ditawarkan sangat rendah. Akibatnya, agen harus menutupi biaya dari jamaah lain dan tak mampu lagi ditanggulangi.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada PT Albis untuk menjaga kepercayaan jamaah dengan baik. Setelah kita berikan izin dan legalitas ini diawasi karena pada akhirnya izin tersebut menjadi bentuk pengakuan dari pemerintah,” imbuhnya.
Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Anis Naki menyambut baik banyaknya agen haji dan travel umroh di Gorontalo. Selain mengindikasikan animo masyarakat beribadah cukup tinggi, juga menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Gorontalo cukup baik.

“Penduduk Gorontalo sekitar 1,2 jiwa. Angka itu punya potensi yang besar untuk haji dan umroh. Kita tahu sekarang daftar tunggu haji kita sudah sampai tahun 2030. Maka keinginan masyarakat untuk umroh akan bertambah secara terus menerus sebagai jalan keluar menunggu ibadah haji,” jelas Anis.

PT Albis Nusa Wisata menambah daftar agen perjalanan haji dan umroh di Gorontalo dengan izin Kemenag no: PPIU 806/2017. Agen yang sudah buka di 14 daerah di Indonesia itu melayani berbagai program umroh di antaranya program 10 hari senilai Rp25 Juta, umroh+Turki 10 hari Rp28 Juta dan umroh akhir Ramadhan 12 hari senilai $2.500.(Hmsprov-Nova).

Baca 208 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama