>
Kamis, 18 Juli 2019 17:33

Yulindawaty Rauf : Aplikasi Pali Lo Ulu’u Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Yulindawaty Rauf, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo saat memaparkan aplikasi Pali lo Ulu'u Yulindawaty Rauf, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo saat memaparkan aplikasi Pali lo Ulu'u

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengenalkan pemanfaatan tanda tangan elektronik pada penandatanganan dokumen dan transaksi elektronik di lingkup pemerintahan provinsi.

Proses pengimplementasian dan pemanfaatan tanda tangan elektronik ini dimulai dengan Panandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo dan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Badan Siber dan Sandi Negera (BSSN).

Untuk mendukung penerapannya, Pemerintah Provinsi Gorontalo membangun aplikasi yang di beri nama Pali Lo Ulu’u.

“Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Gorontalo dengan tetap memperhatikan aspek fungsi dan keamanan, sehingga ketika suatu dokumen sudah ditandatangani secara elektronik oleh Pejabat Pemerintah Provinsi Gorontalo, aspek keamanan, keaslian terjamin dengan pasti,” kata Yulindawaty Rauf, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo di Hotel Damhil, kota Gorontalo, Kamis (18/7/2019).

Yulindawatu Rauf memaparkan aplikasi ini pada seminar pemanfaatan tanda tangan elekronik pada dokumen dan transaksi elektronik yang digelar oleh Direktroat Jenderal APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika di depan puluhan peserta dari berbagai instansi pemerintah daerah dan pusat yang ada di Gorontalo.

Untuk melegalisasikan pemanfaatan sertifikat elektronik ini, Yulindawaty Rauf menjelaskan Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menerbitkan Peraturan Gubernur nomor 78 tahun 2018 tentang penggunaan sertifikat elektronik.

“Persyaratan menggunakan aplikasi Pali Lo Ulu’u, setiap personil yang menandatangani harus  mempunyai sertifikat eLektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN,” ujar Yulindawaty Rauf.

Untuk pengembangan aplikasi Pali lo Ulu’u ini telah diterbitkan juga sertifikat elektronik kepada masing pejabat mulai dari gunernur, wakil gubernur, pejabat tinggi madya, pejabat tinggi pratama, adminstrator dan pengawas di Pemerintah Provinsi Gorontalo oleh Balai  Sertifikasi Elektronik.

Dengan adanya aplikasi tanda tangan elektronik ini, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatlkan, lebih mudah dan lebih cepat sehingga tingkat kepuasan masyarakat meningkat.

“Kami berharap Pemerintah di Kabupaten dan Kota se-Provinsi Gorontalo dapat mengikuti langkah yang telah dilaksanakan oleh  Pemerintah Provinsi Gorontalo, sehingga fungsi E-Govermnent yaitu meningkatkan mutu pelayanan publik dengan menggunakan pemanfaatan teknologi inormasi dapat tercapai,” ujar Yulindawaty Rauf .

 

Pewarta : Dinas Kominfo dan Statistik

Baca 733 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo