>
Jumat, 13 Maret 2020 16:27

“Over Dimension Over Load” Jadi Topik Rakor Perhubungan Darat

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KWANDANG –  Masalah “Over Dimension Over Load” atau yang biasa dikenal ODOL pada kendaraan menjadi topik bahasan dalam rapat koordinasi bidang perhubungan darat di rumah makan Saronde Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara Kamis, (12/3/2020).

ODOL ini biasanya dilakukan pada kendaraan truk dengan bak modifikasi agar dimensinya sanggup menampung muatan di luar ketentuan.

Rakor ini dilaksanakan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang dihadiri Dinas Perhubungan kabupaten/kota, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI dan para penguji kendaraan bermotor dan PPNS.

“Rakor ini dilaksanakan sebagai wahana konsolidasi langkah strategis dan optimalisasi untuk menyukseskan program dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” kata M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo.

Menurut M Jamal Nganro, dinas perhubungan sebagai pembina teknis di daerah secara terkoordinasi berkewajiban meneruskan kebijakan pemerintah pusat di sektor perhubungan kepada kabupaten/kota yang bertujuan menegakkan dan menyosialisasikan aturan baru di sektor perhubungan kepada masyarakat, pengguna jasa, pengguna jalan serta mitra kerja.

Tema rakor merajut sinergitas mewujudkan transportasi Gorontalo yang tertib, lancar dan selamat.

“Dengan tema tersebut kami berusaha mengidentifikasikan dan memecahkan berbagai permasalahan sektor perhubungan,” ucap M Jamal Nganro.

Dalam pertemuan ini sejumlah dinas perhubungan kabupaten/kota telah menyampaikan sejumlah usulan, masalah dan kendala di lapangan.

Menanggapi hal ini Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI, Herman Armanda mengatakan usulan dan kendala yang telah disampaikan akan dibahas lebih lanjut. Sejumlah usulan seperti penambahan fasilitas kesehatan akan ditindaklanjuti setelah ada lokasi koordinatnya.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Abd Karim Rauf menyimpulkan 7 poin pada rapat ini, kabupaten/kota akan mengusulkan fasilitas kesehatan beserta titik koordinat ke BPTD Wilayah XXI, bantuan teknis fasilitas kesehatan LLAJ akan diusulkan tahun 2021, rakornis regional dilaksanakan awal April dan melibatkan seluruh daerah di Sulawesi.

Selain itu juga perlu penyelengggaraan rapat penguji dan PPNS untuk menyamakan persepsi, apel atau gelar pasukan akan dilaksanakn 2 kali pada awal sebelum puasa dan persiapan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), dan yang terakhir rakornis perhubungan akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato.

 

Pewarta : Idfy B - Perhubungan

Baca 70 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama