>
Senin, 09 September 2019 13:32

120 Kube Di 3 Daerah Mendapat Bimbingan Teknis

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Kelompok Usaha Bersama (Kube)  fakir miskin di tengah masyarakat telah menjadi sarana untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif, khususnya dalam peningkatan pendapatan, menyediakan kebutuhan yang diperlukan bagi keluarga miskin, menciptakan keharmonisan hubungan sosial antarwarga, menyelesaikan masalah sosial yang dirasakan keluarga fakir miskin, pengembangan diri dan sebagai wadah berbagai pengalaman antar anggota.

Untuk itu Kube harus mendapat perhatian dan bimbingan dari Pemerintah agar mampu menjalankan fungsinya. Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah menggelar bimbingan teknis penrima bantuan Kube.

Bimbingan teknis ini diselenggarakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo di 3 lokasi yang berbeda,  Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Boalemo.

Kepala Dinas Sosial PP dan PA Provinsi Gorontalo, Risjon Kujiman Sunge menjelaskan tujuan bimbingan tekns bagi Kube ini adalah meningkatkan kemampuan anggota kelompok Kube di dalam memenuhi kehidupan sehari –hari yang ditandai meningkatnya kualitas pangan, sandang, papan, kesehatan tingkat pendidikan serta meningkatnya pemenuhan kebutuhan sosial lainnya.

“Ada beberapa aspek sosial yang dapat meningkatkan kemampuan anggota Kube yaitu mengembangkan komunikasi dan relasi sosial yang baik dengan sesama anggota, dengan anggota keluarga dan dengan masyarakat, meningkatkan partisipasi sosial anggota Kube dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan memiliki kepedulian sosial untuk membantu orang lain. dan yang ketiga menguatnya motivasi anggota untuk melakukan perubahan ke arah kehidupan yang lebih baik, termasuk kesadaran pentingnya pendidikan,” kata Risjon  Kujiman Sunge, Senin (9/9/2019).

Bimbingan teknis ini dilakukan sehari di setiap kabupaten kota, diikuti oleh peserta 40 kelompok di Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango 50 kelompok dan di Kabupaten Boalemo 30 kelompok Kube. Kegiatan ini  dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Remy Pakaya  dan Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin, Imran Basiru.

Dinas Sosial PP dan PA Provinsi Gorontalo  yakin Kube dapat dijadikan sarana yang efektif bagi warga masyarakat, keluarga miskin untuk mengatasi berbagai keterbatasan, seperti kepemilikan modal informasi, teknologi dan lainnya secara bersama-sama dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan sosial hidup.

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 229 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama