>
Senin, 26 Agustus 2019 13:37

22.500 Penyandang Disabilitas Seluruh Indonesia Dapat bantuan ASPD

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO – Sosialisasi penyaluran bantuan sosial non-tunai, asistensi sosial penyandang disabilitas seluruh Indonesia digelar di Hotel Salak Heritage Bogor, Rabu-Sabtu Jawa Barat, (21-24/8/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Margowiyono, dan dihadiri perwakilan Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan pendamping penyandang disabilitas dari seluruh provinsi.

Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) adalah bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas secara non-tunai dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi hak dan terapi dalam rangka peningkatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial penyandang disabilitas sebagai bagian masyarakat.

 “Pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia harus mendukung pemenuhan hak-hak bagi penyandang disabilitas yang meliputi bantuan untuk dukungan nutrisi, dukungan kesehatan, terapi, pengasuhan dan perawatan serta dukungan keluarga,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Margowiyono.

Yusnandar Karim, Kepala Seksi Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo yang menghadiri kegiatan ini mengatakan ASPD ini diperuntukkan kepada 22.500 penyandang disabilitas seluruh Indonesia. Dengan bantuan ini diharapkan kondisi penyandang disabilitas menjadi lebih baik dari kondisi sebelumnya.

“Penyandang disabilitas dimaksud adalah mereka yang berusia 6 bulan – 60 tahun pada saat pendataan, tidak dapat melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari atau sepanjang hidupnya tergantung pada bantuan orang lain,  tidak mampu menghidupi diri sendiri dan mengalami kesulitan mengakses layanan publik yang berakibat tidak terpenuhinya hak hidup penyandang disabilitas,” papar Yusnandar Karim.

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 501 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama