>
Kamis, 14 Maret 2013 13:24

4 Mega Proyek untuk Kabupaten Gorontalo

Oleh
Beri rating
(1 Vote)
Salah satu ruas jalan Kota-Limboto Salah satu ruas jalan Kota-Limboto

Gorontalo - Pemerintah Provinsi Gorontalo merencanakan empat mega proyek pembangunan di wilayah Kabupaten Gorontalo. Mega proyek berupa peningkatan infrastruktur ini menuntut koordinasi dan dukungan pemerintah daerah setempat. Terkait dengan itu, Gubernur Rusli Habibie dan wagub Idris Rahim bersama jajaran Pemprov Gorontalo melakukan rapat kerja singkronisasi program dengan Pemkab Gorontalo, berlangsung di Gedung Kasmat Lahay Limboto.

Empat mega proyek tersebut adalah pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang nantinya melintasi wilayah Kabupaten Gorontalo. Proyek ini di mulai dari Kecamatan Tibawa (Bandara Djalaludin) hingga ke Pelabuhan Laut di Kota Gorontalo. Gubernur Rusli Habibie megatakan, pemerintah provinsi Gorontalo telah menganggarkan Fasilibilty Study (FS) terkait proyek tersebut.

"Kita juga sudah dua kali memaparkannya di Bappenas, dan mereka (Bappenas) hanya minta ketersediaan lahan, termasuk amdal," kata Gubernur Rusli Habibie. Untuk itu proyek tersebut jelas membutuhkan kerjasama dengan pemkab Gorontalo terutama dalam hal pembebasan lahan. "Kalau bukan sekarang, kapan lagi ini kita lakukan, karena saat ini saja dari Isimu ke kota, menggunakan patwal membutuhkan waktu hampir satu jam, karena sudah macet. Pertumbuhan kenderaan tidak sebanding dengan pertumbuhan pembangunan jalan," kata Gubernur yang optimis GORR bisa mengurai kemacetan nanti.

Selain GORR ada juga mega proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Provinsi dr.Hj. Hasri Ainun Habibie yang berlokasi di eks Mall Limboto. Rumah Sakit ini nantinya akan menjadi pusat rujukan di Gorontalo. Proyek ini di upayakan masuk dalam APBN 2014. Pemerintahan Provinsi Gorontalo juga sedang fokus mengembangkan Bandara Djalaludin di Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Bandara menurut Gubernur merupakan salah satu akses masuk ke Gorontalo makanya harus ditata. Gubernur menyampaikan pembangunan bandara juga butuh bantuan Pemkab Gorontalo dalam hal pembebasan lahan seperti untuk perluasan gedung terminal. Mega proyek lain adalah revitalisasi danau Limboto. Danau kebanggaan masyarakat Gorontalo ini mutlak diselamatkan Karena termasuk dalam salah satu danau kritis di Indonesia.

Bupati Gorontalo David Bobihoe menyampaikan apresiasi atas sejumlah mega proyek yang akan dibangun di Kabupaten Gorontalo tersebut, pihaknya lanjut David akan mendukung Karena pasti mega proyek yang ada memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Baca 8230 kali

1 comment

  • Comment Link Febri masse Rabu, 14 Oktober 2015 19:49 dibuat oleh Febri masse

    Assalamu alaikum. Saya tidak komentar, tetapi hanya ingin meminta pekerjaan sedikit proyek dari proyek besar di gorontalo. Saya lulusan STM BANGUNAN, 5tahun pengalaman di bidang konstruksi bangunan. Dan sekarang menganggur sementara mencari pekerjaan proyek. Saya tidak ada modal uang, hanya memiliki modal pengalaman kerja. Saya sangat minta tolong PAK. 082292712664. Terimakasih atas perhatiannya PAK.

    Report

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama