>
Jumat, 01 Juli 2016 10:25

80.000 Liter Minyak Tanah Dibagikan Untuk Tumbilotohe

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Dokumentasi Tumbilotohe Dokumentasi Tumbilotohe

Gorontalo, Sebanyak 80 ribu liter minyak tanah gratis akan dibagikan Pemerintah Provinsi Gorontalo secara gratis untuk perayaan tradisi malam pasang lampu atau Tumbilotohe.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan minyak tanah tersebut dibagikan ke pemda kabupaten dan kota untuk didistribusikan kepada masyarakat.

"Kenapa kami ambil alih? ada yang bertanya-tanya soal ini. Sekarang minyak tanah bersubsidi tidak ada lagi di pasaran, setelah konversi minyak tanah ke elpiji," ujarnya di Gorontalo, Rabu.

Ia berharap distribusi minyak tanah tersebut dapat membantu warga untuk menyemarakkan Tumbilotohe hingga ke sudut-sudut desa.

Sementara itu, Kabupaten Gorontalo memperoleh minyak tanah gratis dari Pemerintah Provinsi Gorontalo sebanyak 12.000 liter.

Kepala Bagian Ekonomi dan Penanaman Modal Sekretariat Daerah Pemkab Gorontalo Ibrahim Jantu mengatakan minyak tanah tersebut akan didsitribusikan ke 19 kecamatan.

"Untuk Kabupaten Gorontalo, Tumbilotohe kami pusatkan di Taman Budaya Limboto dan akan mendapatkan 1.400 liter minyak tanah," ujar Ibrahim.

Sedangkan pendistribusian di tiap kecamatan akan berbeda jumlahnya tergantung daerah utama atau bukan.

"Pembagian minyak tanah tidak sama disetiap kecamatan, untuk daerah yang berada di jalan protokol akan diberikan 1.000 liter atau lima drum dan kecamatan lainnya sebanyak 400 liter atau dua drum," jelasnya.

Tumbilotohe atau pasang lampu adalah tradisi pada tiga malam di penghujung Ramadhan dengan menyalakan lampu-lampu tradisional.

Setiap halaman rumah warga dipasangi puluhan hingga ratusan lampu yang letaknya didesain menurut keinginan masing-masing.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Festival Tumbilotohe setiap tahun untuk mengangkat kembali nilai-nilai agama dan budaya lokal dari tradisi. (Debby Hariyanti Mano - Antara News Gorontalo)

Baca 1626 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama