>
Kamis, 05 September 2019 23:57

Auditor ANRI Kunjungi Kantor BPBD

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Tim Audit Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) didampingi tim Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang dipimpin Kepala Bidang Kearsipan Mustari Sumaga mengunjungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo.

Tim ini diterima oleh Sekretaris Badan di ruang rapat. Dalam kunjungannya Tim ANRI dipimpin Nurgamah menyampaikan bahwa audit kearsipan merupakan proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen objektif dan profesional berdasarkan standar kearsipan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektifitas, efisien dan keandalan penyelenggaraan kearsipan.

Dalam kunjungan ini Tim ANRI meninjau langsung ke tempat penyimpanan arsip BPBD.

Sekretaris BPBD, Agus Maliki menyampaikan bahwa untuk penyempurnaan pengelolaan arsip di BPBD perlu pengelolaan yang maksimal terutama dari pengelola perlu ditingkatkan pemahaman tentang kearsipan.

“Melihat kompetensi pengelolala arsip BPBD ini perlu peningkatan kualitas, paling tidak kami akan ikutkan Diklat atau Bimtek pengelolaan arsip agar mereka bisa mengelola dengan baik, sehingga bisa meraih pengelola berkualitas arsiparis,” kata Agus Maliki, Kamis (5/9/2019).

Agus Maliki juga menjelaskan perlunya penyiapan infrastruktur arsip seperti box arsip, untuk pengadaan center data arsip. Meningkatkan pengelolaan arsip ini adalah keharusan karena merupakan kewajiban setiap OPD dalam menjaga amanah terkait dengan dokumen negara yang perlu dilindungi dan dijaga.

“Perlu ada penanganan mulai dari pengelolaan sampai pada pemilahan data arsip bahkan kami sampai pada akuisisi, di dalam akuisisi ini kami bisa melihat mana arsip dinamis dan mana arsip statis,” papar Agus Maliki.

Di dalam arsip dinamis  dapat terlihat arsip yang sangat fundamental dan arsip biasa sehingga perlu mengacu pada Jadwal Retensi Arsip (JRA).

BPBD sudah memiliki JRA sehingga dapat melakukan pengelolaan arsip itu sesuai ketentuan yang ada.

Jika arsip OPD tertata baik maka akan melancarkan kegiatan di kantor, memudahkan untuk melaksankan tupoksi yang ada berikutnya, agenda kegiatan terdokumentasi yang suatu saat akan menjadi nilai sejarah bagi OPD.

 

 Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 424 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama