>
Rabu, 16 Oktober 2019 00:31

Badan Pengembangan SDM dan Badan Diklat Gorontalo Gelar Orientasi Tugas DPRD

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepempimpinan Kemendagri, Erliana Budi Lestari (kiri), menyerahkan rekomendasi penyelenggaraan orientasi anggota DPRD kepada Kepala Badan Diklat Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Selasa (15/10/2019). (Foto Haris – Humas) Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepempimpinan Kemendagri, Erliana Budi Lestari (kiri), menyerahkan rekomendasi penyelenggaraan orientasi anggota DPRD kepada Kepala Badan Diklat Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Selasa (15/10/2019). (Foto Haris – Humas)

GORONTALO  – Sebanyak 160 orang anggota DPRD periode 2019-2024 yang terpilih pada Pemilu Serentak 2019 mengikuti pelatihan orientasi tugas bagi anggota DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo yang dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Selasa (15/10/2019).

Mereka berasal dari Kabupaten Gorontalo sebanyak 35 orang, Boalemo 25 orang, Pohuwato 25 orang, Bone Bolango 25 orang, Kabupaten Gorontalo Utara 25 orang, dan Kota Gorontalo sebanyak 25 orang.

Pelatihan ini diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sofyan Ibrahim, Kepala Badan Diklat Provinsi Gorontalo.

Sofyan Ibrahim menjelaskan, materi pelatihan orientasi tugas anggota DPRD meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan wawasan kebangsaan. Materi lainnya tentang fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban anggota DPRD, sistem pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, serta isu-isu aktual di daerah.

Sementara Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan BPSDM Kemendagri, Erliani Budi Lestari menuturkan, anggota DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk periode 2019-2024 berjumlah 17.910 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dari periode 2014-2019 sebanyak 16.895 orang.

 “Dengan peningkatan dari sisi kuantitas diharapkan pula dapat meningkatkan kinerja DPRD lebih baik. Anggota DPRD harus memiliki kompetensi yang prima untuk menjawab dan mewujudkan ekspektasi masyarakat yang begitu besar,” kaat Erliani Budi Lestari.

Pelatihan orientasi tugas akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 15 hingga 18 Oktober 2019. Narasumber pada pelatihan tersebut terdiri dari widyaiswara, pakar, dan akademisi yang telah memiliki sertifikat Training of Traniner Orientasi anggota DPRD, serta narasumber umum dari KPK, BPK, BPKP, serta Kejaksaan Tinggi Gorontalo.

 

Pewarta : Haris - Humas

Baca 408 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama