>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 47

Jumat, 14 September 2012 11:10

Balihristi Berhasil Gagas Desa Mandiri Energi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

biogasGorontalo, Satu lagi terobosan yang berhasil diciptakan Pemprov Gorontalo melalui Badan Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi Informasi (Balihristi). Yaitu pengembangan laboratorium Desa Mandiri Energi (DME) berbasis Biogas. Terobosan yang memanfaatkan kotoran ternak sapi untuk energi listrik itu telah diterapkan di Desa Boidu, Kecamatan Bolango Utara, Bone Bolango.

Kepala Bidang Riset Meidy N.Silangen,Spi,MSi menjelaskan, pengembangan DME di Desa Boidu ditujukan bagi 12 Kepala Keluarga (KK) yang belum memiliki sambungan listrik. Sehingga 12 KK tersebut bisa mendapat penerangan listrik dari teknologi pengembangan biogas. "Desa Boidu adalah desa kedua yang mendapatkan bantuan teknologi DME, setelah Desa Tanjung Harapan, Kabupaten Boalemo 2011 lalu," ujar Medi Silangen.

Sementara Kepala Balihristi Provinsi Gorontalo Ir.Nontje Lakadjo menegaskan, program pengembangan laboratorium DME berbasis biogas merupakan bukti karnya nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo. "Karena itu diharapkan penerima program dapat mengelola secara optimal dan berkelanjutan program DME berbasis biogas ini. Pengembangan DME dapat mengatasi keterbatasan listrik yang menjadi salah satu masalah nasional," tutur Nontje Lakadjo pada pelatihan manajemen teknologi pengelolaan biogas yang di salah satu rumah penerima bantuan DME. Turut hadir dalam pelatihan tersebut Camat Bulango Utara, Kepala Desa Boidu serta nara sumber dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Baca 4054 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo