>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 47

Kamis, 27 September 2012 10:23

Balihristi Tindaklanjuti 24 Aduan Lingkungan Hidup

Oleh
Beri rating
(0 suara)

pohon hijauGorontalo, Laporan dan aduan mengenai kasus-kasus Lingkungan Hidup (LH) di Provinsi Gorontalo ternyata cukup banyak. Hingga September 2012, jumlah kasus LH yang diadukan mencapai 24 kasus. Jumlah tersebut tersebar di kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.

Laporan dan aduan kasus lingkungan hidup itu ditindaklanjuti Badan Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi (Balihristi) Provinsi Gorontalo. Yakni dengan menggelar sosialisasi hasil verifikasi pengaduan kasus-kasus lingkungan hidup, Selasa (25/9) di gedung Misfalah, Kota Gorontalo.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Sul A Moito saat membuka sosialisasi tersebut menyampaikan, turunnya kualitas lingkungan hidup bukan saja menjadi masalah kota besar. Akan tetapi sudah merambah sampai ke kota-kota kecil. "Permasalahan ini disebabkan aktivitas pembangunan, baik dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta. Seperti industri kecil maupun industri besar. Termasuk kalangan masyarakat yang tidak ramah lingkungan," ungkap Sul Moito.

Lebih lanjut Sul Moito mengatakan, bila dibandingkan dengan laporan media massa, kasus pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dilaporkan masyarakat prosentasenya jauh lebih kecil. "Kondisi ini menggambarkan, masyarakat kita belum menyadari bahwa kondisi lingkungan di sekitar kita saat ini, sedang mengalami degradasi. Hal itu di samping berdampak negatif terhadap lingkungan, juga berpengaruh terhadap diri sendiri," tutur Sul Moito.

Sebelumnya, Kepala Balihristi Ir.Nontje Lakadjo menyampaikan, 24 pengaduan kasus lingkungan meliputi, Kabupaten Gorontalo sebanyak dua kasus, Bone Bolango enam kasus, Boalemo tiga kasus, Gorontalo Utara tujuh kasus serta Kota Gorontalo dua kasus. "Sejauh ini penangangan terhadap aduan yang dilakukan di tingkat kabupaten/kota belum maksimal. Karena itu sosialisasi kali ini ditekankan pada tata cara pengaduan kasus-kasus lingkungan, tindaklanjut dan cara penangan pengaduan kasus-kasus lingkungan," ungkap Nontje Lakadjo.

Baca 2177 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo