>
Jumat, 16 Agustus 2019 19:32

Bapppeda Lakukan Penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Gorontalo 2019-2024

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO -  Rancangan Awal RPJMD Kota Gorontalo Tahun 2019-2024 merupakan amanah Permendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 52 Ayat (1) yang menyatakan Bupati/Walikota mengkonsultasikan rancangan awal RPJMD Kabupaten/Kota kepada Gubernur dan Ayat (2) Konsultasi dilakukan untuk memperoleh masukan terhadap rancangan awal RPJMD Kabupaten/Kota.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Bapppeda Provinsi Gorontalo, Irvan Ilhamdi Katili pada rapat konsultasi penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Gorontalo Tahun 2019-2024, Kamis (15/8/2019).

Rapat yang dibuka oleh Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki ini bertempat di Ruang Saronde Kantor Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Lebih lanjut Irvan menjelaskan hal-hal penting dalam penyusunan RPJMD Kota Gorontalo, antaranya RPJMD harus mengakomodir penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM), sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 18  ayat (3) dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayan Minimal dalam penetapan dan perumusan tujuan sasaran, Indikator Kinerja daerah serta Program di dalam dokumen RPJMD.

‘’Utamanya pelayanan dasar dari sektor Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan umum dan penataan ruang, Perumahan rakyat dan kawasan permukiman, Ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dan Social” jelas Irvan Katili.

Sementara itu Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, M Dicky Sidiki menyatakan sudah menerima dan mereview rancangan awal RPJMD Pemerintah Kota Gorontalo pekan lalu dan ada beberapa hal penting disarankan untuk disempurnakan dalam dokumen RPJMD Kota Gorontalo ini, baik dari sisi penulisan, sistimatika dan substansi RPJMD.

Dijelaskan pula bahwa sistim perencanaan daerah merupakan satu kesatuan dengan sistem perencanaan nasional, perencanaan daerah dilakukan bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing.

Dalam perencanaan daerah dilakukan dengan mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Ini dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi proses perencanaan pembangunan daerah dalam mewujudkan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pembangunan daerah.

“Sangat dibutuhkan jalinan kerjasama dan sinergitas serta hubungan yang harmonis antara pihak yang terkait proses tersebut, baik internal lembaga maupun eksternal lembaga pemerintah di daerah,” papar M Dicky Sidiki.

Ada beberapa koreksi, saran dan masukan atas rancangan awal RPJMD Kota Gorontalo Tahun 2019-2024 disampaikan oleh  OPD Provinsi Gorontalo antaranya dari sektor perhubungan, terkait sistem transportasi kota untuk 5 tahun ke depan yang semakin padat, pelabuhan Gorontalo salah satunya berkaitan dengan pergudangan harus sinergi dengan sektor lain seperti permukiman. Pertumbuhan jumlah angkutan perkotaan terutama kendaraan roda dua yang sangat tinggi per tahunnya, penataan terminal.

Dari sisi lingkungan hidup terkait  strategis penanganan Danau Limboto oleh Pemerintah Kota Gorontalo, diharapkan dapat menjadikan isu krusial. Selain itu dari sisi pariwisata, perlu ditambahkan program terkait dengan industri pariwisata dan promosi pariwisata.

Dari sisi permukiman perlu memperhatikan penerbitan sertifikasi kepemilikan gedung dan sertifikasi layak fungsi. Perlu mereview penataan saluran drainase mengingat banyaknya pembangunan kawasan perumahan baru.

Terkait juga dengan aspek  Pekerjaan Umum antara lain Pengembangan kawasan strategis kota, pengendalian penataan ruang,  dan pengembangan kinerja air minum dan air limbah. Khusus aspek gambaran keuangan daerah perlu dijelaskan perkembangan pendapatan, belanja maupun pembiayaan, serta terkait dengan kapasitas fiscal dan proyeksi anggaran daerah untuk 5 tahun kedepan. Konsistensi antar BAB dalam dokumen RPJMD juga menjadi fokus utama pembahasan.

“Semua saran dan masukan yang disampaikan ke Pemerintah Provinsi diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan atas dokumen  rancangan awal RPJMD Kota Gorontalo” kata M Dicky Sidiki mengakhiri pertemuan tersebut.

Baca 533 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama