>
Kamis, 23 Januari 2020 18:44

Bentangan Kain Merah Putih Sepanjang 2301 Meter Cetak Rekor MURI

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Pembentangan kain merah putih sepanjang 2301 meter dan lebar 3 meter berhasil masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori kain merah putih terpanjang. Pembentangan ini dilakukan dalam peringatan ke-78 Hari Patriotik 23 Januari, Kamis (23/1/2020).

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie didampingi Wakil Gubernur, Idris Rahim melihat langsung pembentangan yang dimulai dari pintu gerbang Universitas Negeri Gorontalo dan berakhir di depan Kantor Pos Kota Gorontalo. Sebanyak 2301 siswa-siswi SMA/SMK se-Gorontalo terlibat dalam pembentangan kain merah putih ini.

“Alhamdulillah kreasi dari anak-anak muda terutama Ketua dan pengurus KNPI juga Komunitas Pekerja Panggung dan Seni Pertunjukan (KOMPAK) Gorontalo, mulai dari kirab bendera pusaka yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan tahun ini beda dari peringatan tahun sebelumnya, dimana dibentangkan kain merah putih sepanjang 2301 meter oleh 2301 siswa se-Gorontalo,” kata Rusli Habibie.

Rusli Habibie mengharapkan momentum Hari Patriotik ini dijadikan pemacu semangat putra-putri Gorontalo untuk terus melakukan pembangunan di daerah. Ia berharap di tahun yang akan datang aka nada pencetakan rekor baru yang bernilai positif.

“Para pahlawan telah menunjukkan semangatnya dalam merebut kemerdekaan, sekarang kita semangatnya untuk membangun Provinsi Gorontalo,” ujar Rusli Habibie.

Di tempat yang sama Senior Manager MURI Yusuf Ngatri menyampaikan dari tahun 2005 hingga 2019, tercatat Gorontalo telah mencetak rekor MURI sebanyak 16 kali. Ia mengharapkan berbagai rekor MURI bisa terus diciptakan oleh Provinsi Gorontalo.

 “Museum Rekor Dunia Indonesia menyatakan perentangan kain merah putih sepanjang 2301 meter oleh 2301 siswa kami nyatakan sebagai rekor dunia,” kata Yusuf dalam membacakan keputusan MURI.

Pembentangan kain merah putih menghabiskan 102 gulungan kain, delapan lusin gulungan benang dan empat mesin jahit. Proses penjahitan kain ini dilakukan dengan mesin dan jahit tangan oleh delapan pekerja.

 

Pewarta : Gina - Humas

Baca 69 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama