>
Jumat, 06 Desember 2019 22:04

Bidang Kearsipan Sosialisasikan Naskah Dinas Ke Sekretaris, Kasubag Umum dan Kepegawaian

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Bidang Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 33 tahun 2019 tentang tata naskah dinas di ruang Diorama Mopo'o piyohu Lipunto, Rabu (4/12/2019).

Sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 33 tahun 2019 ini diikuti oleh para sekertaris dan kepala subbagian umum dan kepegawaian lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo yang dibuka oleh kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Yosep P Koton dengan menghadirkan narasumber Yahya Ichsan, Arsiparis Ahli Madya.

“Maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah sebagai acuan bagi pemerintah daerah dalam penyusunan tata naskah dinas yang bertujuan menciptakan kelancaran komunikasi tulis yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Yosep P Koton.

Yosep Koton juga menyampaikan tata naskah dinas sangat penting bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan roda pemerintahan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2019.

“Kami berharap para sekretaris dan kasubag umum dan kepegawaian mengikuti dengan seksama apa yang disampaikan oleh narasumber,” ujar Yosep Koton.

Sementara itu Yahya Ichsan dalam pemaparannya menyampaikan bahwa yang menjadi dasar dari sosialisasi pergub ini adalah Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2009, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2009 tentang naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah, Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 2 tahun 2014 tentang pedoman tata naskah dinas dan Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2019 tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah provinsi.

“Pengertian tata naskah dinas adalah pengaturan tentang jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan,” kata Yahya Ichsan.

Sementara naskah dinas adalah informasi tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan atau dikeluarkan oleh pejabat berwenang dilingkungan pemerintah daerah.

“Fungsi tata naskah dinas untuk memenuhi  atensitisitas dan reliabilitas arsip, menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan utuh serta mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraan negara, memori kolektif bangsa dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Yahya Ichsan.

 

Pewarta: Suleman - Dinas Arpus

Baca 69 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama