>
Selasa, 10 September 2013 00:00

BIMP-EAGA Fasilitasi Investasi Daerah

Oleh
Beri rating
(0 suara)

Gorontalo, Negara-negara yang terhubung dalam BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia,Pilipines – East ASEAN Growth Area) kembali melakukan pertemuan, 4-6 September 2013, berlangsung di Provinsi Bali.

 

Sekda Provinsi Gorontalo, Prof Winarni Monoarfa bersama Badan Invetasi Daerah Gorontalo turut hadir dalam pertemuan tersebut. Gorontalo sendiri merupakan salah satu anggota BIMP-EAGA bersama seluruh provinsi di Sulawesi, Maluku dan Papua serta Kalimantan, pertemuan yang merupakan lanjutan pembahasan yang dilaksanakan di Pontianak akhir agustus lalu ini, membahas beberapa agenda penting diantaranya implementasi blueprint 2012-2016 serta fasilitasi perdagangan dan investasi daerah.

 

Sebagai daerah penghasil jagung. Dua usulan kongkrit untuk ditindaklanjuti oleh BIMP-FC serta ADB, yakni usulan pembuatan pabrik pakan ternak serta pengembangan sumber energi listrik dengan tenaga geothermal, air serta biomas yangn berpotensi sangat singnifikan tersedia di Gorontalo. Dua usulan potensial ini didasarkan pada ketersediaan bahan baku jagung serta bahan lainnya untuk membuat pakan ternak.

 

Belum lagi, kebutuhan pakan ternak cukup tinggi di Gorontalo dan juga daerah sekitarnya. Hal lainya adalah kebutuhan energi listrik yang juga sangat dibutuhkan daerah ini sebagai wilayah yang perkembangannya sangat pesat. Untuk mendukung pengembangan tersebut, beberapa kebijakan pemerintah provinsi Gorontalo adalah telah tersedia perda tentang kemudahan penanaman modal, yakni perda no 2 tahun 2004 dan perda no 5 tahun 2012 tentang pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) bidang penanaman modal, juga ketersediaan sarana infrastruktur pendukung seperti pengembangan bandara djalaludin, pelabuhan anggrek dan rencana pembangunan jalan GORR (Gorontalo Other Ring Road).

Baca 1905 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama