>
Selasa, 17 Mei 2016 08:39

BKPPIJ Gelar Festival Pangan Lokal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

Gorontalo, Badan Ketahanan Pangan dan Pusat Informasi Jagung (BKPPIJ) Provinsi Gorontalo menggelar Festival Pangan Lokal dan lomba cipta menu untuk mempromosikan pangan khas daerah tersebut.

Kepala BKPPIJ Yusuf Giasi di Gorontalo, Senin, mengatakan pangan lokal seharusnya selalu ada dalam setiap hidangan rumah warga di daerah tersebut.

"Sekarang justru semakin dilupakan sehingga pemerintah wajib mengangkat kembali pangan lokal melalui sebuah festival dan lomba," katanya.

Dengan menggandeng Tim Penggerak PKK seluruh kabupaten dan kota, pihaknya menargetkan kampanye tersebut bisa mengajak masyarakat kembali membudidayakan pangan lokal misalnya jagung pulut.

Hal itu sekaligus untuk mendukung program diversifikasi pangan pemerintah serta mengurangi konsumsi beras 1,5 persen setiap tahun.

"Target kami program 'One Day No Rice' atau sehari tanpa makan nasi bisa tercapai. Kami juga mendorong setiap SKPD menyajikan makanan berbahan pangan lokal dalam setiap acara atau kegiatan," jelasnya.

Sementara itu, kegiatan lomba cipta menu ditargetkan untuk meningkatkan dan memberdayakan keluarga dalam menyediakan makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk dikonsumsi.

Ketua Tim pengerak PKK Provinsi Gorontalo Idha Syahidah mengatakan lomba tersebut tidak hanya untuk memilih siapa yang menang, tetapi untuk mendorong setiap keluarga lebih kreatif dalam memanfaatkan pangan lokal.

Ia menilai warga perlu memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah untuk menanam komoditi lokal serta mengolahnya menjadi produk yang bernilai tambah.

"Bisa diolah sendiri di rumah atau dalam bentuk kelompok ibu-ibu. Produk yang dihasilkan dapat menjadi oleh-oleh khas Gorontalo untuk para wisatawan," tambahnya.

Dalam lomba tersebut, kelompok perempuan dari Kabupaten Boalemo berhasil menjadi pemenang pertama dan berhak mewakili Provinsi Gorontalo dalam puncak Hari Pangan Sedunia tahun 2016 di Semarang. (Debby Hariyanti Mano - Antara News Gorontalo)

Baca 812 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama