>
Selasa, 17 Desember 2019 12:41

BPDASHL Bagikan 1,25 Juta Bibit Pohon

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Sebanyak 1,25 juta bibit pohon dibagikan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Bone Bolango kepada masyarakat seluruh Provinsi Gorontalo.

Pembagian jutaan bibit pohon ini dibagikan melalui program Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Provinsi Gorontalo yang dicanangkan Wakil Gubernur Idris Rahim di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Selasa (17/12/2019).

Dalam laporannya, M Tahir Kepala BPDAS-HL Bone Bolango menyampaikan GNP-DAS ini merupakan puncak kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Provinsi Gorontalo tahun 2019 dengan target luasan sebesar 12.300 Ha.

GNP-DAS juga sebagai gerakan bersama dengan mengedepankan prinsip keterpaduan pekerjaan penanaman, sipil teknis, dan teknik pembibitan serta melibatkan partisipasi dunia usaha dan masyarakat.

“Adapun tujuan penyelenggaraan GNPDAS adalah untuk memulihkan kondisi DAS, dari rusak yang banyak menimbulkan bencana hydrologis menuju DAS sehat, dimana indikatornya adalah tersedianya air dalam kualitas dan kuantitas yang memadai untuk berbagai keperluan serta terjaganya kesuburan tanah dan produktivitas lahan,” kata M Tahir

BPDASHL Bone Bolango menyiapkan bibit kayu dan buah sebanyak 1.250.000 batang, seperti mahoni, nyatoh, jati putih, sengon, jambu biji, sirsak dan lainnya serta bibit produktif hasil okulasi sebanyak 193.000 batang dengan jenis durian, rambutan, manggis, sukun, jambu kristal.

Semua bibit tersebut dibagikan secara gratis kepada masyarakat se-Provinsi Gorontalo melalui KPH/KPHL dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi hutan dan lahan yang rusak sehingga bisa pulih kembali baik kondisi fisik maupun manfaat serta fungsinya yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Pewarta : Nurmulinto Nasaru - DLHK

Baca 150 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama