>
Jumat, 10 Juli 2020 05:26

BPMJB Gelar Bimtek Tingkatan SDM Untuk Menghadapi Akreditasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Suasana Bimtek melalui Aplikasi Zoom Meeting yang dilaksanakan di aula laboratorium UPTD BPMJB Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Rabu (8/7/2020).  Foto Yudi Suasana Bimtek melalui Aplikasi Zoom Meeting yang dilaksanakan di aula laboratorium UPTD BPMJB Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Rabu (8/7/2020).  Foto Yudi

GORONTALO –  Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Balai Pengujian Jalan dan Bangunan (BPJM) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melaksanakan bimbingan teknik secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting, Kamis (9/7/2020).

Bimbingan teknik ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka pengujian material jalan dan bangunan serta persiapan akreditasi.

Menurut Kepala Seksi Uji Material Dinas PUPR Nugraha Oktofelly Dewaputu, pelaksanaan bimtek ini sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM, juga sebagai persiapan akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional.

“ini merupakan langkah awal UPTD dalam proses akreditasi, Bimtek ini mengkhususkan dalam penerapan ISO/IEC 17025 yang telah dimutahirkan pada 2017. Karena 17025 diarahkan pada laboratorium penguji dan hasil pada bimtek ini yang akan menjadi solusi apabila ada masalah di kemudian hari,” kata Nugraha.

Bimtek diselenggarakan selama 2 hari dan dihadiri oleh 35 peserta.

Pada hari pertama dibagi dalam 2 bagian, yaitu 4 dan 5 yang membahas kerahasiahan publik dan SDM, sedangkan pada hari keduanya dibagi menjadi 3 bagian yaitu 6 membahas managemen, bagian 7 dan 8 terkait struktur pengujian yang harus didokumentasi sesuai SNI.

“Yang dipantau oleh narasumber itu adalah PTT dan non-PTT perlu adanya perlakuan khusus bagi yang mempunyai keahliah pada tiap pengujian. Sehingga proses akreditasi pada UPTD ini terus berjalan walaupun terjadi pergantian pejabat,” jelas Nugraha.

Bimtek dibuka melalui aplikasi Zoom Meeting oleh Zakiyah, Deputi Bidang Standardisasi dan Pemasyarakatan pada BSN.

“Alhamdulillah selama dua hari ini seluruh peserta mendapat materi dari narasumber di antaranya dari Hengki Wibowo Ashadi yang merupakan guru besar di Universitas Indonesia, kemudian pendamping narasumbernya Ferry Christianus  seorang standardisasi mutu barang pada BSN,” kata Zakiyah.

Nugraha berharap tahun 2021 bimtek terkait pengujian material jalan dan bangunan dapat dilaksanakan kembali sehingga seluruh pengujian yang ada di laboratorium BPMJB sudah tersertivikasi.

“Kami akan mengajukan ke kepala dinas agar tahun depan seluruh pengujian yang ada di UPTD ini dapat dilaksanakan bimtek dan sertifikasinya,” tutur Nugraha

 

Pewarta : Yudi - PUPR

Baca 41 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama