>
Jumat, 17 Jun 2016 08:03

BPOM Pantau Kualitas Makanan Di Seluruh Kabupaten Kota

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Pedagang Kue Pedagang Kue Antara News Gorontalo

Gorontalo, Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo, Supriyadi Darma mengatakan pihaknya akan menguji kualitas dari sejumlah sampel makanan di seluruh kabupaten dan kota di daerah tersebut.

"Hari ini tim kami turun ke tiga wilayah yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Gorontalo Utara," katanya usai melakukan uji terhadap sampel takjil, Kamis.

BPOM mengambil sampel di sejumlah titik di Taman Kota Gorontalo. Dari hasil uji tidak ditemukan kandungan berbahaya dari seluruh sampel yang ada.

"Besok kami akan turun lagi ke titik-titik yang ramai dan banyak pedagangnya. Kami akan memantau terus terutama selama bulan Ramadhan," jelasnya.

Sebelumnya, BPOM menemukan adanya cendol yang menggunakan bahan pewarna tekstil di Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo.

"Cendol tersebut menggunakan rodamine B, hal tersebut telah kami koordinasikan bersama dinas terkait untuk melakukan penelusuran dari mana diperoleh rodamine B tersebut," jelas Supriyadi.

Ia mengungkapkan rodamine B merupakan pewarna tekstil atau wantex, dan jika dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu terutama pada anak-anak dapat menyebabkan kanker.

"Jika ditemukan unsur kesengajaan dalam menggunakan bahan berbahaya pada makanan dan minuman yang diperjualbelikan, maka penjual atau pembuat akan kami kenakan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2016 tentang Pangan," katanya.

Namun jika tidak ditemukan unsur kesengajaan, tim BPOM akan memberikan pembinaan kepada pedagang maupun pembuat.

"Dalam UU pangan, sanksi yang melanggar adalah dua tahun penjara dan denda uang sebesar Rp400juta," tegasnya. (Debby Hariyanti Mano - Antara News Gorontalo)

Baca 871 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo