>
Selasa, 21 Januari 2020 12:05

BPS dan BIG Akan Dampingi Pengelolaan Data Statistik Dinas Kominfo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pendampingan dalam penentuan metodologi statistik sektoral, penyempurnaan  standar serta  struktur dan format data yang disertai metadata yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik  Provinsi Gorontalo.

Sedangkan  menyangkut  data spasial,  Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik  bersama Bapppeda melakukan koordinasi dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk  penentuan   metodologi   penyelenggaraan    informasi   geospasial tematik.

Hal ini disampaikan oleh Wahyudin Katili, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik  pada rapat evaluasi data sektor tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Maqna Kota Gorontalo dan diikuti pengelola data di setiap organisasi perangkat daerah, Selasa (21/1/2020).

Wahyudin Katili  menambahkan kinerja statistik sektoral pada semester I  telah dilaksanakan  bersama Bapppeda Provinsi Gorontalo dengan memperbaiki  beberapa hal terkait implementasi sistem informasi data statistik yang memudahkan bag para pengguna, untuk administrator dan operator dalam mengimplementasikan  e-data sektor.

E-data sektor ini sangat menunjang tugas pokok dan fungsi OPD se-Provinsi Gorontalo  dalam melihat pencapaian  kinerja program selama ini.

“Statistik dipercaya sebagai pintu gerbang mendapatkan informasi, melalui statistic informasi dapat digali lebih mendalam hingga ke tingkat elemen pembentuk informasi tersebut, yakni data sebagai rekaman atas fakta,” kata Wahyudin Katili. 

Wahyudin Katili mengingatkan di era  four point  zero (4.0),  pelaksanaan  evaluasi  akuntabilitas publik menjadi persyaratan dasar yang harus dipenuhi setiap lembaga pemerintahan.

Umpan balik kinerja sektoral yang sudah  dicapai  tahun 2019  diharapkan mampu menyajikan informasi data sektoral yang lebih representatif, mewakili keadaan yang sebenarnya.

Penyelenggaraan evaluasi kinerja  statistik sektoral diharapkan  menjadi daya ungkit bagi penyelenggaraan  statistik  sektoral tahun 2020 dan tahun mendatang sehingga kualitas statistik sektoral terus mengalami  peningkatan.

“Kami menyambut baik rapat evaluasi ini dengan harapan berdampak pada  perbaikan  kinerja sektoral dan diharapkan memberi sumbangan pemikiran peningkatan pelayanan informasi masyarakat,” jelas Wahyudin Katili.

 

Pewarta : PPID Kominfo

Baca 129 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama