>
Kamis, 10 Oktober 2019 01:24

BPS Optimis Gorontalo Makin Maju dan Berkembang

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Kepala BPS RI, Suhariyanto (kiri), menyerahkan buku Provinsi Gorontalo Dalam Angkat Tahun 2019 kepada Wagub Gorontalo H. Idris Rahim pada ramah tamah di aula rumah jabatan Wagub, Rabu (9/10/2019). (Foto : Haris – Humas) Kepala BPS RI, Suhariyanto (kiri), menyerahkan buku Provinsi Gorontalo Dalam Angkat Tahun 2019 kepada Wagub Gorontalo H. Idris Rahim pada ramah tamah di aula rumah jabatan Wagub, Rabu (9/10/2019). (Foto : Haris – Humas)

GORONTALO– Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Suhariyanto, optimis bahwa Provinsi Gorontalo ke depan akan semakin maju dan berkembang. Optimisme Kepala BPS RI itu didasarkan pada data BPS yang menunjukkan angka statistik pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, serta angka kemiskinan Provinsi Gorontalo.

“Saya optimis Gorontalo akan maju dan berkembang. Indikatornya sangat jelas, misalnya data pertumbuhan ekonomi Gorontalo sebesar 6,7 persen berada jauh di atas capaian nasional, tingkat inflasi 2,04 persen juga cukup bagus,” kata Suhariyanto pada ramah tamah dengan jajaran Pemprov Gorontalo di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Rabu (9/10/2019).

Menyangkut data angka kemiskinan, Kepala BPS RI menjelaskan bahwa dirinya lebih melihat pada capaian progres penurunannya. Menurutnya, penurunan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo dalam setahun terakhir sangat pesat.

“Betul posisinya sekarang masih 15 persen, tetapi dalam setahun terakhir ini penurunannya adalah yang paling pesat. Artinya, berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo itu sudah tepat dan tentunya ke depan masih banyak perbaikan yang perlu kita sempurnakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suhariyanto mengemukakan agar Pemprov Gorontalo perlu mengacu pada visi misi Presiden Joko Widodo yang selalu menekankan pada pertumbuhan ekonomi yang sustainable atau berkelanjutan.

“Caranya yaitu dengan mengelola seluruh potensi Gorontalo dengan baik, misalnya pada sektor pertanian dan pariwisata. Termasuk produk ekonomi kreatif seperti Karawo, kita kemas sesuai dengan kemauan generasi sekarang. Tetap tradisional tetapi dengan gaya kekinian,” terang Suhariyanto.

Pada ramah tamah itu Wagub Idris Rahim menyampaikan terima kasih kepada jajaran BPS Gorontalo yang selama ini telah bersinergi menyajikan data yang valid dan akurat terkait statistik dasar di Provinsi Gorontalo. Mantan Sekda Provinsi Gorontalo itu mengutarakan bahwa data yang tepat sangat bermanfaat dalam perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pemprov Gorontalo bertekad untuk mencapai visi terwujudnya masyarakat Gorontalo yang maju, unggul dan sejahtera. Untuk mencapai hal itu perlu dukungan semua pihak, termasuk dukungan data dari BPS agar perencanaan pembangunan lebih terarah dan fokus,” tutup Idris.

Pewarta : Haris - Humas

Baca 138 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo