>
Kamis, 31 Oktober 2019 18:57

BSSN Apresiasi Peningkatan SPBE Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan koordinasi dalam bentuk entry briefing dan pelaksanaan penilaian kepatuhan pemanfaatan Sertifikat Elektronik di Provinsi Gorontalo selama 2 hari, Selasa-Rabu (29-30/10/2019).

Koordinasi  ini sebagai upaya mendorong pelaksanaan peningkatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Pelaksanaan SPBE ini diatur dalam Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2018 dan diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2018 Nomor 182 oleh Menkumham, Yasonna Laoly pada 5 Oktober 2018 di Jakarta.

BSSN yang diwakili oleh Agung Nugraha, Sandiman Balai Sertifikat Elektronik menyampaikan pada tahun 2020 BSSN akan melaksanakan kegiatan penilaian tingkat kematangan pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada setiap pemerintah daerah.

“Koordinasi ini kami lakukan untuk penyusunan indikator penilaian tingkat kematangan di mana Provinsi Gorontalo mendapatkan kepercayaan bersama provinsi lainnya seperti Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat yang telah memanfaatkan Sertifikat Elektrnonik,” kata Agung Nugraha.

Pada entry briefing ini, Kepala Bidang E-Government, Fried Dewi H Ahmad mengatakan Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak 2018 telah memanfaatkan Sertifikat Elektronik untuk penandatangan naskah dinas dan tahun 2019 akan diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Regulasi dan payung hukum pemanfaatan sertifikat oleh seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo telah diatur dalam Pergub nomor  78 tahun 2018 tentang Penggunaan Sertifikat Elektrnik,” kata Fried Dewi H Ahmad.

Dalam kegiatan ini Fried Dewi H Ahmad  juga menyampaikan Sertifikat Elektronik ini merupakan salah satu indikatator yang akan meningkatkan Indeks SPBE Provinsi Gorontalo, sesuai tujuan Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan III dengan judul Optimalisasi Penerapan SPBE melalui Strategi Mantap (Manajemen Tata Kelola Aplikasi Pemerintahan) Provinsi Gorontalo.

“Penerapan SPBE ditargetkan pada akhir tahun 2019 pada posisi tingkat kematangan di level Baik,” ujar Fried Dewi H Ahmad.

Agung Nugraha menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Provinsi Gorontalo atas pencapaian inovasi SPBE melalui aplikasi tanda tangan elektronik yang telah diterapkan di daerah ini.

Baca 145 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo