>
Selasa, 21 Januari 2020 11:40

Data Harus Akurat Sebagai Bahan Pengambilan Keputusan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Data yang telah diolah sangat penting dipublikasikan dan menjadi dasar pengambilan keputusan pihak terkait. Salah satu media untuk mengekspos data adalah website Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Data yang dibutuhkan masyarakat akan menarik publik untuk mengunjungi website, layanan informasi ini harus menjadi kebutuhan semua pihak dalam menyosialisasikan program pemerintah yang berisi data-data penting untuk masyarakat.

“Setiap data berisi informasi, misalnya data spasial dapat diolah untuk disajikan kepada publik, mana wilayah yang diperuntukkan budidaya, kawasan mana yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi atau dilindungi,” kata Wahyudin A Katili, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik saat membuka rapat evaluasi data sektor tahun 2019 yang bertempat di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Selasa (21/1/2020).

Rapat evaluasi ini diikuti seluruh organisasi perangkat daerah lingkup Provinsi Gorontalo.

Wahyudin Katili mengingatkan peserta di tahun ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengambil data dari pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan  Statistik. BPS memiliki metodologi dan pola penyusunan data yang benar dalam proses pengambilan, pemrosesan dan penyajian data.

“Kami berharap akan ada pengembangan data dan fokus penginputan metadata, selalu melakukan perbaikan dan melengkapi data yang sudah ada . Karena data ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan,” kata Wahyudin Katili.

Berkaitan dengan tersedianya  data sektor  di Pemerintah Provinsi Gorontalo, setiap  OPD selama ini sudah mengelola data secara  lengkap,  aktual, valid dan akuntabel, serta disampaikan kepada Dinas Kominfo dan Statistik.

Wahyudin Katili menekankan perlunya mereview  kembali  hal-hal yang sudah dilaksanakan  oleh penanggungjawab data sektor  sehubungan  dengan tantangan  ke depan penyelenggaraan  statistik sektoral , yaitu menyinergikan   data  sektoral yang  sudah diinput dan dilaporkan ke Dinas Kominfo dan Statistik untuk seterusnya   dikoordinasikan dengan Badan Pusat Statistik untuk pelaksanaan  komparasi serta  integrasi  data menuju Satu Data Gorontalo.

Pewarta : PPID Kominfo

Baca 103 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama