>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 43

Kamis, 03 Januari 2013 08:20

Di Gorontalo, Hanya Dua Parpol Lolos

Oleh
Beri rating
(0 suara)

LOGO KPUGorontalo – Tahapan verifikasi faktual 18 partai politik (Parpol), yang direkomendasikan Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP), tingkat kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo usai sudah. Hasilnya, dari 18 parpol hanya dua parpol yang dinyatakan memenuhi syarat. Yaitu Partai Damai Sejahtera (PDS) dan Partai Kedaulatan. Sementara 16 parpol yang lainnya dinyatakan tak memenuhi persyaratan.


Penetapan dua parpol yang memenuhi syarat tingkat Provinsi Gorontalo itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual oleh KPU Provinsi Gorontalo, Rabu (2/1). Rapat pleno tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya bersama seluruh anggota KPU Provinsi Gorontalo. Turut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Hasyim Wantu, KPU kabupaten/kota serta perwakilan 18 parpol, se Provinsi Gorontalo.
Ketua KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya menyampaikan, dari hasil verifikasi faktual di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota hanya PDS dan Partai Kedaulatan yang memenuhi persyaratan. Kedua partai tersebut memenuhi persyaratan di lima kabupaten/kota.
"Sesuai Undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum legislative, persyaratan untuk menjadi peserta pemilu 2014 parpol harus memenuhi syarat 75 persen di Kabupaten/kota dan 100 persen di provinsi. Untuk bisa lolos di Provinsi Gorontalo, parpol harus memenuhi syarat di 5 kabupaten/kota," ujar Salahuddin Pakaya.
Lebih lanjut Salahudin Pakaya menjelaskan, 16 partai lainnya yang dinyatakan tak memenuhi persyaratan karena sampai dengan batas waktu perbaikan, partai yang bersangkutan tak memenuhi kekurangan yang ada. Seperti menyangkut ketentuan kepengurusan dan keanggotaan. "Ada beberapa partai yang hanya memenuhi persyaratan hanya satu kabupaten, ada juga yang dua atau tiga kabupaten/kota. sehingga parpol yang bersangkutan dinyatakan tak memenuhi persyaratan," ungkap Salahudin Pakaya.
Meski di tingkat Provinsi Gorontalo dinyatakan lolos, Salahudin Pakaya menegaskan, hal itu belum menjadi sebuah jaminan bahwa partai tersebut lolos di tingkat nasional dan berhak mengikuti pemilu. "Penetapan apakah memenuhi persyaratan akan ditentukan oleh KPU RI," ujar Salahudin Pakaya menekankan.
Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Hasyim Wantu mengemukakan, hasil verifikasi faktual yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi Gorontalo sudah sesuai harapan aturan dan perundang-undangan. Sebab, sehari sebelum pelaksanaan pleno oleh KPU, Bawaslu sendiri telah menggelar rapat evaluasi bersama panwas kabupaten/kota. "Dari hasil evaluasi yang dilakukan Bawaslu sama dengan keputusan yang ditetapkan KPU," ujar Hasyim Wantu.

Baca 2726 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo