>
Senin, 06 Januari 2020 20:16

Diarpus Ajak Siswa Memahami Satwa dan Menikmati Arsitektur Kantor Gubernur

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Provinsi Gorontalo terus melakukan inovasi dalam menarik minat kaum muda untuk membaca. Salah satu yang ditempuh adalah dengan program perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam bentuk wisata baca bertempat di Kantor Gubernur Senin (6/1/2020).

Yang menjadi sasaran kali ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak. Mereka juga disertai guru pendamping  dan sejumlah orang tua.

Puluhan siswa ini terlihat sangat menikmati suasana belajar di luar ruang, mereka berinteraksi dengan rusa totol yang berada di halaman samping kantor, juga menikmati panorama pemandangan pegunungan serta kemegahan arsitektur gedung.

“Siswa yang terlibat pada kegiatan pendidikan inklusi sosial adalah TK Ilomata Desa Dulomo Kecamatan Tilango, TK Iloheluma Desa Tilote, TK Kenari Desa Lauwonu, TK Sartika Desa Luwoo yang masing masing didampingi oleh para guru dan orang tua,” kata Yosef P Koton, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Selain itu, sejumlah armada perpustakaan keliling juga disiapkan untuk melayani masyarakat di halaman Kantor Gubernur Gorontalo.

“Di samping para siswa TK  kegiatan perpustakaan berbasis  inklusi sosial juga diikuti oleh para siswa SMK Negeri 4, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri  5 Kota Gorontalo yang berjumlah 60 orang,”lanjut Yosef Koton.

Yosef Kotonmenjelaskan perpustakaan  berbasis  inklusi sosial ini selain memberikan kemerdekaan belajar bagi siswa sejak usia dini  juga sedini mungkin memperkenalkan pendidikan karakter pada anak dalam perbedaan fisik, mental dan sosial dan belajar menerima dan menyukai orang lain, menghargai perbedaan dan melakukan kegiatan yang dilakukan bersama di luar sekolah.

Berwisata baca para siswa TK juga diberikan penjelasan dan pemahaman mengenai keberadaan Kantor Gubernur Gorontalo, pengetahuan tentang hewan rusa dan burung merpati.

Pewarta : Suleman - Dinas Arpus

Baca 328 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama