>
Rabu, 04 Desember 2019 14:03

Diarpus Gelar Rapat Evaluasi Penilaian Lomba Pengelolaan Kearsipan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Bidang Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melaksanakan rapat evaluasi penilaian lomba pengelolaan kearsipan tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, Rabu (4/12/2019) bertempat di ruang Diaroma Mopo'o Piyohe Lipunto.

Pertemuan yang diikuti oleh para sekretaris dan kepala Sub-Bagian Kepegawaian setiap OPD ini dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Yosef P Koton.

Dalam sambutannya, Yosep P Koton  menyampaikan rapat ini bertujuan untuk melihat sejauh mana keberadaan penataan arsip di masing-masing OPD, karena dalam 2 tahun terakhir Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sudah melakukan pembinaan yang intensif berupa bimbingan teknis, sosialisasi, pendampingan dan  diskusi terpumpun.

“Diharapkan sudah ada perubahan yang signifikan terkait pengelolaan arsip OPD,” kata Yosep P Koton kepada peserta rapat.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai lembaga kearsipan daerah provinsi mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membina dan mengelola kearsipan di lembaga kearsipan kabupaten/kota, OPD provinsi, organisasi politik, organisasi masyarakat, lembaga pendidikan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Yosep P Koton menjelaskan, salah satu kegiatan yang mendukung tugas dan tanggung jawab tersebut adalah dengan melakukan pengawasan internal yang dikemas dalam bentuk lomba pengelolaan kearsipan di OPD Provinsi Gorontalo yang pada prinsipnya bertujuan untuk memberikan motivasi terhadap penataan arsip yang lebih baik lagi dan bukan untuk mencari juara.

Yosef juga menyampaikan berdasarkan himbauan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) terkait pengawasan internal secara nasional akan dilaksanakan pada tahun 2020, namun Provinsi Gorontalo mengambil inisiatif untuk selangkah lebih maju dari daerah lain sehingga di tahun 2020 diharapkan pengelolaan arsip di OPD sudah mengalami peningkatan signifikan.

Dalam kegiatan lomba dan pengawasan internal ini terdapat hasil penilaian yang akan dipaparkan oleh tim penilai berupa poin-poin yang harus dilengkapi dan segera dilaksanakan oleh OPD guna terwujudnya pengelolaan kearsipan sesuai dengan kaidah kearsipan, seperti petugas pengelola arsip di masing-masing bidang/bagian yang fokus dalam tugas kearsipan. Tugas ini ditetapkan oleh kepala OPD serta sarana-prasarana pendukung lainnya.

“Untuk itu kami mengharapkan kepada sekertaris dan Kasubag umum dan kepegawaian masing-masing OPD dapat menindaklanjuti   penilaian maupun rekomendasi tersebut,” ujar Yosep P Koton.

 

Pewarta: Suleman - Dinas Arpus

Baca 58 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo