>
Sabtu, 18 Mei 2019 15:11

DIARPUS Sosialisasi Budaya Gemar Membaca Di Hari Buku Nasional

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Keceriaan anak-anak bersama Bunda Baca, Idah Syaidah Rusli Habibie  seusai mengikuti sosialisasi budaya gemar membaca Keceriaan anak-anak bersama Bunda Baca, Idah Syaidah Rusli Habibie seusai mengikuti sosialisasi budaya gemar membaca

GORONTALO – Peringatan Hari Buku Nasional ke-17 di Provinsi Gorontalo dilakukan secara unik oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Dengan mengambil lokasi di sebuah situs cagar budaya Pillbox dan Mercusuar di pinggir Teluk Gorontalo, instansi ini menggelar kegiatan dengan tema Gemar Membaca Buku Mengasah Kreatifitas dan Imajinasi Untuk Menciptakan Kualitas SDM Provinsi Gorontalo yang Unggul dan Sejahtera, pada Kamis (16/5/2019).

Puluhan anak-anak, kaum muda dan masyarakat terlihat bergembira mengikuti kegiatan ini dengan para penggiat literasi di Provinsi Gorontalo.

Peringatan Hari Buku Nasional ini dihadiri oleh Bunda Baca Provinsi Gorontalo,  Idah Syaidah Rusli Habibie dengan moderator  Agus Ndjue atau yang biasa dikenal sebagai Ka Ariel, yang juga dikenal sebagai Duta Baca.

“Masyarakat Gorontalo harus membudayakan membaca, dimulai dari usia dini dan ditanamkan rasa cinta pada buku,” kata Idah Syaidah Rusli Habibie.

Idah Syaidah Rusli Habibie  juga menjelaskan kebutuhan membaca harus dapat dipahami dan disadari manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. Membaca adalah sebuah pekerjaan yang produkif dan menyenangkan.

“Selain menambah pengetahuan, juga bisa menghibur yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja,”ujar Idah Syaidah Rusli Habibie yang disambut gembira oleh para pelajar.

Dengan membaca masyarakat dapat mengenal dan belajar dari berbagai pengalaman hidup, pandangan serta gagasan.

Membaca juga membuat masyarakat lebih mengerti dalam membedakan mana yang positif dan negatif, sehingga dengan budaya membaca dapat membuka dan memperluas wawasan.

Di tempat yang sama, Yosef Koton, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menawarkan peluang kerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi dari kegiatan mereka sehari-hari sebagai nelayan.

“Dinas Kearsipan dan Perpustakaan siap mendampingi dan membantu masyarakat di Leato dalam meningkatkan ekonomi dengan menjalin kerja sama,” kata Yosef Koton, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Kerja sama yang dimaksud ini adalah dengan melibatkan Universitas Politeknik Gorontalo  untuk pengolahan ikan yang banyak ditangkap oleh masyarakat di peraiaran Teluk Tomini.

Pewarta : Domy dan Suleman

Baca 351 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo