>
Rabu, 17 Jun 2020 21:14

Dikbudpora Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Guru dan Tenaga Kependidikan

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

 

BULANGO SELATAN - Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi kinerja kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan untuk menggerakkan gerbong pendidikan yang menjadi program unggulan NKRI jilid II, Selasa (16/6/2020).

Mutu pendidikan yang salah satunya bertumpu pada kemampuan manajerial kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan secara profesional dalam merencanakan, melaksanakan hingga menghasilkan mutu lulusan dan kualitas pendidikan anak didik harus dievaluasi untuk pencapaian outcome program  pendidikan yang maksimal.

Evaluasi ini dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas  standar pendidikan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di Provinsi Gorontalo.

Standar pendidikan PTK merupakan salah satu dari 8 standar pendidikan yang menjadi tolok ukur dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia  menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Inovasi dan kreativitas kerja yang optimal sebagai wujud pertanggung jawaban seorang kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan dalam mengemban tugas mencerdaskan anak bangsa tidak hanya pada aspek intelektual, akan tetapi berkenaan dengan aspek sikap dan perilaku, minat, perkembangan emosi dan perkembangan sosial,” kata Kepala Dinas Dikbudpora, Yosef P Koton, Selasa (16/6/2020)  saat memimpin pertemuan evaluasi kinerja.

Yosef P Koton juga mengatakan kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran di sekolahnya, diperlukan evaluasi sistem pendidikan agar dapat dikelola dan diorganisir dengan baik.

Dewi Fatmawati Talani, Kepala Bidang Pembinaan GTK juga menambahkan saat ini sedang dilakukan penilaian dan evaluasi kinerja kepala sekolah guru dan tenaga pendidikan secara periodik untuk memperoleh gambaran tentang keterlaksanaan Kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya di sekolah.

"Sesuai aturan yang berlaku kinerja para kepala sekolah harus terus dievaluasi sehingga akan berimplikasi baik terhadap kesesuaian linieritas, kompetensi dan kapasitas kepsek, guru dan tendik dikarenakan adanya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan yang bermutu,” ungkap Dewi Fatmawati Talani

Rapat evaluasi kinerja ini beranggotakan tim yang terdiri dari Sekretaris Dinas Roni R Mamu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Rusdin Karim juga Kepala Bidang SMK Ernawaty Panu.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 914 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama