>
Senin, 28 Oktober 2019 23:52

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Gelar Bimtek Penyusunan JRA

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) di ruang rapat, Senin (28//10/2019).

Kegiantan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman kearsipan bagi para pengelola yang berasal dari Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan kabupaten dan kota se-Provinsi Gorontalo.

"Jika kita tidak menata arsio dengan baik, maka akan terjadi penumpukan dan bisa menjadi sampah, kita harus menciptakan sadar dan tertib arsip, dengan melalui JRA ini kita bisa menentukan Arsip yang bernilai sejarah, dan yang tidak bernilai akan kita musnahkan sesuai peraturan dan UUD yang berlaku agar kita terhindar dari berurusan dengan pihak berwajib," kata Yosef P Koton, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo dalam sambutan pembukaan Bimtek.

Jadwal Retensi Arsip adalah daftar yang berisi sekurang-kurangnya jangka waktu penyimpanan atau retensi jenis arsip dan keterangan yang berisi rekomendasi tentang penataan jenis Arsip.

JRA menjadi pedoman oleh pengelola pada lembaga pencipta arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyusutan yang berupa penataan, penyelamatan dan pemusnahan arsip.

“Memelihara dan perawatan arsip dimaksudkan untuk melindungi, mengatasi, dan mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan arsip dan informasinya serta menjamin kelangsungan hidup arsip dari kemusnahan,” ujar Yosep Koton.

Dalm Bimtek ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menghadirkan narasumber Rudi ASaputra, Arsiparis Ahli Madya Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan peserta yang berasal Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan kabupaten dan kota se-Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Domy  - Arpus

Baca 127 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo