>
Kamis, 09 Juli 2020 15:11

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Terjunkan Arsiparis Untuk Identifikasi Dokumen Pascabanjir

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Sul A Moito melepas para pejabat fungsional arsiparis dalam rangka mengidentifikasi arsip yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo, Kamis (9/7/2020). 

Sul A Moito berpesan kepada para pejabat  struktural maupun fungsional, para arsiparis dapat turun ke lapangan bersama jajaran Lembaga Kearsipan di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo melakukan identifikasi arsip yang rusak terendam air akibat banjir.

“Tim ini akan melakukan identifikasi lapangan, sekaligus melaksanakan sosialisasi kepada bidang kearsipan di Kabupaten Bone Bolango,” kata Sul A Moito.

Mereka juga melakukan tentang bagaimana cara melindungi dan menyelamatkan surat-surat penting yang menjadi dokumen berharga milik pemerintah maupun masyarakat seperti sertifikat, ijazah dan surat-surat berharga lainnya.

Sesuai Peraturan Kepala Arsip Nasional Repubik Indonesia (ANRI) nomor 23 tahun 2015 tentang perlindungan dan penyelamatan arsip dari bencana pasal 4, disebutkan perlindungan dan penyelamatan arsip dari bencana meliputi prabencana, saat tanggap darurat dan pascabencana.

Sementara pada pasal 5 menyatakan perlindungan dan penyelamatan arsip dari bencana dilaksanakan terhadap arsip milik negara.

Perlindungan arsip dan penyelamatan dari bencana dapat dilaksanakan bagi perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan.

Arsip yang memperoleh perlindungan dan penyelamatan dari bencana meliputi, arsip dinamis, arsip statis, arsip terjaga dan arsip visual dalam bentuk dan media kertas, elektronik dan/atau audio visual.

 

Pewarta : Suleman - Arpus.

Baca 218 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama