>
Sabtu, 08 Agustus 2020 17:38

Dinas Kesehatan Ikuti Lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., saat memberikan penjelasan terkait tanaman tradisional dan sayuran kepada tim penilai lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga, Jum'at (07/08/2020) di kediaman pribadinya. Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., saat memberikan penjelasan terkait tanaman tradisional dan sayuran kepada tim penilai lomba Pemanfaatan Pekarangan Keluarga, Jum'at (07/08/2020) di kediaman pribadinya.

GORONTALO –  Lomba Pemanfaatan Pekarangan Pangan Keluarga Depula Tumutumulo bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia diikuti Dinas Kesehatan.

Lomba ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Gorontalo yang mengikutsertakan pejabat eselon 2 sebagai peserta wajib serta eselon 3 dan 4 masing-masing peserta lomba.

Ketua Tim Penilai, Silfana Bowta mengatakan program ini merupakan terobosan dari pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya Gubernur Rusli Habibie dalam pemanfaatan pekarangan dan pemenuhan pangan tingkat rumah tangga.

“Sudah hari ketiga penilaian ini kami melihat antusias ASN ini sangat besar sekali meskipun dihalaman yang paling sempitpun yaitu di perumahan-perumahan mereka tetap menanam apalagi seperti halaman seperti ibu kepala Dinas ini yang sangat luas dan dimanfaatkan dengan maksimal baik untuk tanaman sayuran apalagi ini tanaman TOGA yang kurang lebih sudah 35 jenis dan ada tanaman-tanaman lain” kata Silvana Bowta ketika menilai di rumah Plt Kepala Dinas Kesehatan Misranda Nalole, Jumat (7/8/2020).

Tim penilai berharap kegiatan ini tidak hanya terbatas pada saat lomba tetapi keberlanjutan atau kontinuitas dari kegiatan ini yang sangat diharapkan.

“Supaya masyarakat yang lewat di sini melihat ini adalah tanaman sayuran ini bisa membantu kita di dapur supaya kita tidak perlu lagi beli cabe, tidak perlu lagi beli tomat, beli terong, beli sayur semua sudah ada di tingkat rumah tangga,” ujar Silvana.

Misranda Nalole menjelaskan manfaat tanaman dan sayur yang ditanam di pekarangan rumahnya sangat membantu kegiatan rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi.

“Kami berharap seluruh ASN dapat memanfaatkan pekarangan untuk bisa membantu kita ketika kita memerlukan tidak harus ke pasar tetapi cukup tanaman yang ada dipekarangan untuk bisa membantu kita dalam hal masak memasak dan obat keluarga yang kita kenal dengan obat tradisional,” kata Misranda Nalole.

Pada penilaian ini Dinas Kesehatan mengikutkan Misranda Nalole juga perwakilan pejabat eselon 3 yaitu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Reyke Uloli, dan untuk pejabat eselon 4 diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Nisma Abdurrahman.

 

Pewarta : MD Andi & Neki - Dinkes

Baca 56 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama