>
Jumat, 25 Oktober 2019 19:31

Dinas Kominfo Dan Perhubungan Lakukan Donor Darah Massal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bersam Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar pemeriksaan dan donor darah massal yang bertempat di halaman gedung kedua dinas ini, Jumat (25/10/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas M Jamal Nganro, seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di kedua dinas ini.

Pemeriksaan dan pengambilan darah dilakukan oleh petugas PMI yang dipimpin oleh Ketua Tim Unit Transfusi Darah, Iswan Abdul.

“Hari ini adalah aksi donor darah massal pertama yang dilakukan instansi Pemerintah Provinsi Gorontalo, para pendonor berasal dari 2 dinas, Dinas Kominfo dan Statistik serta Dinas Perhubungan,” kata M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan yang juga plt Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo.

M Jamal Ngnro menjelaskan, pada prinsipnya ASN dan PTT di kedua dinas ini peduli dan berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan dan transfusi darah. Ini merupakan upaya kemanusiaan yang mulia, terutama untuk kebutuhan pasien di rumah sakit yang sangat membutuhkan darah.

“Kami berusaha meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah dengan tujuan membantu PMI untuk mendapatkan lebih banyak stok darah dan mendorong gaya hidup sehat, mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat,” kata M Jamal Nganro.

Ketua Unit Tranfusi Darah Palang merah Indonesia (PMI) Kota Gorontalo, Iswan Abdul mengatakan Seluruh ASN dan PTT Dinas kominfo dan Statistik dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo sangat antusias, ini sangat membantu upaya Unit Transfusi darah (UTD) PMI Kota Gorontalo dalam penyediaan stok darah.

“Kebutuhan darah terus meningkat, kami di UTD PMI melayani semua rumah sakit di Provinsi Goronytalo bahkan sampai luar Gorontalo. Kegiatan donor darah massa di di 2 dinas ini sangat membantu. Kami berterima kasih kepada ASN dan PTT, terutama Bapak M Jamal Nganro yang memelopori kegiatan ini,” kata  iswan Abdul.

Kebutuhan darah di Provinsi Gorontalo dalam 1 bulan sekitar 1500 kantong. Donor darah yang dilakukan 2 dinas ini sangat membantu mencukupi kebutuhan darah di Gorontalo.

Dari kegiatan ini UTD PMI berhasil mendapatkan 26 kantong darah, sementara terdapat orang yang belum bisa dilakukan pengambilan darah karena HB di bawah,  tensi tinggi atau rendah.

 

Pewarta : Wisnawaty Saleh – Dinas Kominfo

Baca 249 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo