>
Rabu, 05 Februari 2020 19:15

Dinas LHK Jalin Kerja Sama Penguatan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Burung Indonesia

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo melalui UPTD KPH Wilayah III Pohuwato melakukan penandatanganan kerjasama penguatan dan pemanfaatan kawasan hutan bertempat di RM Mawar Sharon, Kota Gorontalo dengan Perhimpunan Pelestarian Burung  Liar Indonesia, Rabu (5/2/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Eksekutif Perhimpunan Pelestarian  Burung Liar Indonesia, Kepala Dinas LHK Provinsi Gorontalo, Kepala BKSDA Sulawesi Utara, Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Rehabilitasi, Kepala Bidang Tata Hutan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan DLHK Provinsi Gorontalo serta Kepala KPH.

Tujuan penandatangan kerjasama ini untuk mendukung pemerintah dalam upaya konservasi sumberdaya alam dan ekosistem, khususnya dalam upaya pelestarian burung liar dan habitatnya. Selain itu untuk mengoptimalisasikan dan mengefektifkan pengelolaan kawasan dalam rangka penyiapan konsep pengelolaan hutan dan pemanfaatan hutan.

Direktur Eksekutif Perhimpunan Pelestarian  Burung Liar Indonesia, Dian Agista dalam sambutannya menyampaikan keberadaan Burung Indonesia di Gorontalo bukan saja mengurusi habitat burung endemik namun tetap melaksanakan konservasi hutan.

“Sejalan dengan perkembangan waktu dalam pelaksanaan kerja sama ini perlu ketekunan sehingga penguatan kapasitas masyarakat bisa berhasil sehingga ekonomi dan ekologi bisa bersamaan kita kelola yang pada gilirannya masyarakat sejahtera dan hutan lestari,” kata Dian Agista.

Penandatanganan kerjasama ini didasarkan pada 3 prinsip yakni hak/penguatan kelembagaan, kewajiban untuk mengelola kawasan hutan, kewajiban untuk membina usaha dalam hal pemberdayaan masyarakat sekitar hutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan kelestarian ekosistem.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka menjelaskan bahwa kunci keberhasilan kerjasama penguatan dan pemanfaatan kawasan hutan antara KPH Wilayah III Pohuwato dengan Burung Indonesia akan berhasil apabila dibangun komunikasi dan keseriusan bersama sehingga pemanfaatan, konservasi hutan yang memberdayakan masyarakat sekitar hutan yang akhirnya akan meningkatkan perekonomian di masyarakat.

 

Pewarta : Nurmulianto Nasaru - DLHK

Baca 455 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama