>
Kamis, 20 Februari 2020 12:36

Dinas LHK Kampanyekan Pengelolaan Sampah Melalui Program 3R

Oleh
Beri rating
(0 suara)

TILONG KABILA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi pengelolaan sampah melalui program Reduse Reuse Recycle (3R) bagi masyarakat dan praktisi kebersihan di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Sampah Sedunia dan  memaksimalkan pengelolaan sampah menuju Gorontalo Bebas Sampah, sebagaimana amanat UU nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

Bab I pasal 1 ayat 3 menyebutkan pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, berkelanjutan yang terdiri dari kegiatan pengurangan dan penanganan. Pendekatan pengelolaan sampah dilakukan melalui pendekatan berbasis 3R dan berbasis masyarakat, secara terpadu dengan pengelolaan sejak dari sumbernya.

3R adalah upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle) melalui pengumpulan, pemilahan, pengelolaan sampah oleh masyarakat.

“Kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas LHK yang telah melaksanakan sosialisasi pengelolaan dampah melalui program 3R, harapan kami setelah kegiatan ini masyarakat yang dapat mengaplikasikan pengelolaan sampah yang baik di lingkungan sendiri, melalui pengembangan dan inovasi pengelolaan lingkungan,” kata Kepala Desa Butu, Astin Abdulah.

Kadis DLHK, Fayzal Lamakarakan menjelaskan tujuan sosialisasi adalah untuk mendukung program Gubernur Gorontalo dalam pengelolaan sampah yang baik, jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat semakin meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan, hal ini berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan hidup.

"Saya mengharapkan Desa Butu Kecamatan Tilongkabila ini menjadi desa percontohan pengelolaan sampah yang baik dan benar melalui Program 3R Reduce, Reuse dan Recycle, sehingga desa terdekat dapat belajar di desa ini," kata Fayzal Lamakaraka.

Sejumlah pemateri hadir dalam sosialisasi ini, mereka adalah Mohamad Kiyai dari DLH Kabupaten Bone Bolango, Nurain Lapolo dari Japesda, Yusdin Danial dari DLHK Provinsi Gorontalo.

Secara umum materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini menyangkut sumber sampah, jumlah sampah yang dihasilkan, akibat yang akan dirasakan, cara pengelolaannya dan manfaat lain yang akan diperoleh dari program pengelolaan sampah.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama 1 hari dan diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari para kepala desa se-Kecamatan Tilongkabila, tokoh masyarakat, kelompok wanita tani, masyarakat.

 

Pewarta : Nurmulianto Nasaru - DLHK

Baca 129 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama