>
Rabu, 14 Agustus 2019 10:46

Dinas Pangan Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo menggelar Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman).

Ketua Panitia Festival yang juga Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan mengatakan tujuan Festival ini adalah untuk mendorong kreativasi dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Kami ingin masyarakat pelaku usaha dapat melakukan inovasi dan kreasi dalam pengembangan olahan pangan lokal,” kata Zakiya Baserewan, Rabu (14/8/2019).

Pada Festival Pangan Lokal ini potensi dan kekayaan bahan pangan di Gorontalo harus mampu digali dan dikreasikan untuk menjadi pangan yang menarik, bergizi seimbang dan aman dikonsumsi siapa saja.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sila Botutihe mengataka Festival Pangan Lokal ini juga untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Festival ini merupakan cara untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dan menyukseskan Go Pangan Lokal yaitu mengajak, mempengaruhi dan merubah perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal yang non-beras,” kata Sila Botutihe.

Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Gorontalo, Nurida Rahim yang didampingi staf ahli Sekretariat Daerah Sutrisno  dalam membuka kegiatan festival pangan lokal mengatakan sudah banyak motivasi dan inovasi yang dilakukan PKK dalam membuat keberagaman pangan lokal, juga sudah melakukan diversifikasi sedemikian rupa sehingga bahan pangan lokal tidak nampak lagi.

Nurinda Rahim berharap dari hasil kegiatan ini ada pesertanya yang bisa mengikuti lomba serupa di tingkat nasional mewakili Provinsi Gorontalo.

“Festival pangan lokal dapat disosialisasikan ke masyarakat agar mereka bisa mengadopsi menu untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga yang memanfaatkan pangan lokal nonberas,” ujar Nurinda Rahim.

Penyelenggaraan Festival Pangan Lokal Provinsi Gorontalo ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, yang menarik adalah ditampilkannya menu lomba inovasi sagela.

Hadir dalam kegiatan ini para Kepala Dinas Pangan Kabupaten/Kota, Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo serta intansi dan pemangku kepentingan di Grand Q Kota Gorontalo pada Selasa (13/8/2019).

Dari hasil lomba Festival Pangan Lokal ini, Tim Juri mengumumkan juara 1 Kabupaten Boalemo, juara 2 Kota Gorontalo dan juara 3 Kabupaten Gorontalo.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 290 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo