>
Rabu, 09 Oktober 2019 10:30

Dinas Pangan Gelar Temu Kemitraan Dengan Pelaku Usaha Sagela

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Untuk menggairahkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya pengusaha yang mengolah ikan roa/sagela, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo menggelar temu kemitraan Umkm para pelaku usaha Ikan Roa/sagela.

Pertemuan ini berlangsung di ajang Gorontalo Culinary Expo kompleks rumah jabatan gubernur, Minggu (6/10/2019).

"Produk sagela sudah bermutu, berdaya saing dan mempunyai nilai tinggi, promosi pangan lokal dari sagela ini perlu kita tingkatkan di era digital dengan menguatkan kelembagan UMKM seperti promosi, pemasaran, perizinan dan regulasi rencana bisnis," kata Sutrisno, Kepala Dinas Pangan, Provinsi Gorontalo.

Di hadapan Peserta temu kemitraan Sagela ini Sutrisno menjamin Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui dinas yang dipimpinnya mendukung terus kegiatan promosi produk sagela melalui berbagai kegiatan.

Sutrisno juga mengingatkan para pelaku UMKM untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan  kreasi produk sagela. Saat ini UMKM dibawah binaan Dinas Pangan sudah  memiliki produk sagela dalam 15 varian rasa.

Dinas pangan juga menerbitkan regulasi melalui Peraturan Gububernur  (Pergub) untuk mewajibkan di setiap kegiatan, rapat, hotel, rumah makan wajib untuk menyajikan kuliner pangan lokal Sagela dan tahun depan akan akan dibangun galeri sagela, di tempat ini akan ada sagelamart sekaligus produk pangan lokal lainnya.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan mengungkapkan ikan sagela yang awalnya hanya sekedar kuliner kampung yang tidak asing bagi setiap rumah tangga, kini ikan yang di olah dengan cara diasapi tersebut menjadi produk unggulan Gorontalo dalam mendorong pengembangan UMKM.

Hadir pada temu kemitraan pangan lokal sagela ini  Perwakilan Hotel Grand Q Purwanto Gunawan,  perwakilan dari Bank Indonesia Sugito Prabowo, Fasilitator NSLIC Gorontalo Dewi Jayanti Biahimo.

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 235 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama