>
Senin, 09 Desember 2019 00:47

Dinas Pariwisata dan RKB Limboto Gelar Workshop Komunikasi dan Konten Kreatif

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Puluhan pengusaha Kecil Menengah dilatih untuk mahir menggunakan komunikasi dalam pemasarannya usahanya oleh Rumah Kreatif BRI (RKB) Kantor Cabang Limboto bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Jumat (6/12/2019).

Mereka dilatih untuk untuk mampu menjadi bagian penting industry 4.0 yang menggunakan basis teknologi informasi sebagai sarana komunikasi untuk memasarkan produknya.

Untuk itu dukungan teknis kepada para pengusaha dalam meningkatkan komunikasi publik terus didorong agar sesuai dengan kebutuhannya. Dua orang pemateri diundang khusus untuk membincang kemampuan berbicara yang baik dan membaut konten kreatif di media sosial.

Keduaannya adalah Ronal Hutagalung, seorang pelatih publik speaking yang ternama dan Sartika P Nur, seorang pembuat konten kreasi di media sosial untuk produknya.

“Pelatu UK harus mampu mengangkat identitas produk untuk meningkatkan daya saing,” kata Nurlaila Ningsih Musa, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya Pariwisata Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Ronal Hutaglung dalam paparannya menyatakan hal berbisnis aktivitas utama adalah menjual proses produksi. Inti utamanya adalah komunikasi semakin baik komunikasi semakin baik bisnis akan berkembang selain itu komunikasi juga sangat mempengaruhi pembeli para investor atau stakeholder juga merupakan kunci sukses dalam bisnis apabila mereka tertarik dengan bisnis tersebut maka kemungkinan besar mereka akan melakukan kerjasama dan membiayainya, mempengaruhi konsumen juga adalah target utama.

“Lewat komunikasi yang baik mempengaruhi para konsumen, penjual haruslah fokus sehingga bisa mengendalikannya, terakhir fahamilah bahwa setiap orang punya kemampuan berbicara di depan umum, keterampilan adalah sesuatu yang muncul dari minat seseorang,” kata Ronal Hutagalung.

Komunikasi di bagi menjadi 2 yaitu komunikasi internal, komunikasi yang di bangun dan disampaikan dalam lingkungan kantor atau organisasi, sedang Komunikasi eksternal yaitu komunikasi yang diarahkan pada publik di luar organisasi.

Kepada pelaku UKM, Ronal Hutagalung memberi pesan hal-hal yang tidak perlu dirisaukan untuk menjadi publik speaking antara lain mengabaikan aksen namun intinya pesan harus sampai, mengabaikan usia dan pendidikan dan suara audience ketika tampil.

“Hal yang perlu dirisaukan adalah niat dalam berbicara yang baik untuk memberikan informasi kepada audience, semangat yang berlebihan mengeluarkan energi besar terkadang menjadi sangat membosankan, persiapan utama adalah mental                 dan merisaukan hal  yang tidak perlu dikhawatirkan,’ kata Ronal Hutagalung.

Sementara itu Sartika P Nur, founder tabongo Center menjelaskan hal yang menarik di era global adalah menjadi Influencer Milenial.

”Salah satu yang paling menarik dalam dunia bisnis adalah membuat konten kreatif dengan menggunakan HP, Simple but creative,” papar Sartika P Nur.

Konten kreatif adalah materi berupa gambar atau video yang digunakan untuk jual beli, penjual wajib memperkenalkan produk dan mengunggah ketika barang sudah siap.

“hal penting lainnya yaitu ucapan terima kasih kepada para pembeli juga merupakan sesuatu yang mempengaruhi, dalam membuat konten yang menggunakan gambar cantumkan tanggal dan varian menu bisa juga dipakai untuk open order atau pemesanan dahulu sebelum barang ready,” jelas Sartika P Nur.

Ia menjabarkan kebanyakan para konten kreator menggunakan video informasi 3 detik, yaitu video yang sering dipakai para penjual untuk mempromosikan barang dan lebih menarik minat para pembeli.

Kontent is the king, salah satu dampak sehingga para vlogger menjadi sukses adalah konten videonya melalui proses kreatif dapat mewakili banyak ide. konten menjelaskan secara detail menu produk yang dijual.

Sartika P Nur memberi tips untuk menggunakan hastag agar menarik pembeli membeli, target pemasaran makin banyak.

“Manfaat konten kreatif yaitu dapat menarik perhatian konsumen dan mampu bersaing sehingga ada perusahaan yang tertarik dengan usaha kita. Ada 3 type konten kreator, kecakapan dalam berkomunikasi, Kwalitas produk harus dijaga – menarik,” jelas Sartika  P Nur.

 

Pewarta : Hesty Kurniawaty - Dispar

Baca 68 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama