>
Rabu, 22 Januari 2020 18:47

Dinas Perhubungan Akan Tertibkan Pemilik Akun Bodong Ojek Online

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Bertempat di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi gorontalo digelar rapat evaluasi Angkutan Sewa Khusus (ASK) dan Ojek Online (Ojol) yang beroperasi di Gorontalo, jumat (15/1/2020).

Pertemuan ini digelar untuk mencermati kondisi layanan transportasi khususnya yang menggunakan sepeda motor sebagai angkutan orang berbasis aplikasi (ojol) yang saat ini semakin meningkat, salah satu aplikatornya adalah Grab.

Sesuai Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Menteri Perhubungan nomor  PM 12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. Dinas Perhubungan memandang perlu untuk melakukan verifikasi dan pendataan kembali seluruh akun Ojol.

Kepala Dinas Perhubungan, M Jamal Nganro mengatakan terdapat berbagai laporan masyarakat atau pengguna Ojol khususnya Grab tidak sesuai dengan identitas pengemudinya  atau akun bodong.

Pertemuan ini melibatkan Komisi I dan Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Gorontalo, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI, Dinas Perhubungan Kota Gorontalo, Perwakilan Grab, Gojek, Nujek, Get, dan ADO serta Koperasi Angkasa dan Koperasi GCO.

“Kami akan melakukan verifikasi dan pendataan kembali seluruh akun yang ada, mengakomodir para pengemudi/driver pengguna akun yang tidak sesuai dan benar-benar ingin beroperasi menggunakan aplikasi Grab tanpa menambah jumlah, kuota pengemudi, driver yang sudah ada,” kata M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan provinsi gorontalo.

Selain itu juga, M Jamal Nganro akan menindak tegas dan menonaktifkan akun serta tidak menggantinya dengan pengemudi/driver yang tidak sesuai ketentuan.

Dari Berbagai data dan informasi yang diperoleh bahwa sebagian akun tersebut disewakan ke orang lain dan sebagian lainnya diperjualbelikan dengan alasan bahwa pihak Grab sudah titdak melakukan penerimaan/pendaftaran pengemudi/driver Ojol baru.

Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo akan menertibkan dan melakukan pengawasan terhadap laporan dari pengguna Ojol.

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo akan melakukan pengaturan layanan aplikasi bagi penggunaan sepeda motor agar berpedoman pada ketentuan PM 12 tahun 2019 khususnya kewajiban pemenuhan aspek keselamatan,keamanan, kenyamanan, keterjangkauan dan keteraturan.

 

Pewarta : Idfy Banggu - Dinas Perhubungan

Baca 121 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama