Print this page
Sabtu, 18 Januari 2020 12:29

Dinas Perhubungan Gelar Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Perhubungan berupaya melayani sarana lalu lintas secara baik, aman dan nyaman serta mengurangi dampak kemacetan.

Salah satu yang saat ini sedang dilaksanakan adalah pengelolaan rekayasa lalu lintas di kota Gorontalo. Untuk membahas ini, Dinas Perhubungan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi teknis yang bertempat di ruang Poboide Dinas Perhubungan, Jumat (17/1/2020).

Rapat koordinasi ini melibatkan Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo, Dinas Perhubungan Kota Gorontalo, Balai Transportasi Darat Wilayah XXI, Dinas pekerjaan umum dan penataan Ruang (PUPR) serta satuan lalu lintas polres Kota Gorontalo.

“Rapat ini digelar untuk membahas minimalisir risiko perubahan arus di Kota Gorontalo yaitu di jalan Sudirman Arah Kampus UNG Ke stasiun RRI dan persiapan pemasangan traffic ligh simpang 5 Talaga,” kata M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi gorontalo.

Selain rapat, personel Dinas perhubungan juga mengamati langsung lalu lintas di lapangan dan selalu menempati personil pada titik ruas jalan yang ditentukan.

Terhitung sejak 7 Januari 2020, Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dan Dinas Perhubungan Kota Gorontalo telah memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Sudirman, tepatnya di kawasan  Kampus UNG menuju ke gedung RRI.

Rekayasa Lalu Lintas ini dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas terutama pada sore hari antara pukul 16.00-18.00 Wita. Pada jam tersebut arus lalu lintas sangat padat, sehingga diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) dengan harapan lalu lintas dapat berjalan dengan lancar.

“Pemberlakuan Sistem Satu Arah tersebut sudah dimulai 7 Januari 2020. Kita uji coba satu arah di jalan Sudirman tepatnya arah Kampus UNG menuju RRI. Ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan pada sore,” jelas M Jamal Nganro.

Jamal Nganro meambahkan untuk mensukseskan sistem satu arah ini, pihaknya bersama instansi terkait akan memasang rambu lalu lintas di ruas jalan yang diberlakukan sistem satu arah dan selalu mensosialisasikan secara langsung maupun di media.

“Masa uji coba akan kami berlakukan selama sebulan. Ini cukup untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat bisa mematuhi,”pungkas M Jamal Nganro.

 

Pewarta : PPID Dishub

Baca 161 kali