>
Selasa, 14 Juli 2020 23:56

Dinas PUPR Seriusi Penanganan Banjir Di Kota Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto saat pemaparan pada rapat koordinasi penanganan banjir dan genangan air di Kota Gorontalo. Foto Yudi Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto saat pemaparan pada rapat koordinasi penanganan banjir dan genangan air di Kota Gorontalo. Foto Yudi

GORONTALO -  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo menyeriusi masalah penanganan banjir dan genangan air yang sering terjadi di Kota Gorontalo saat musim hujan.

Perhatian diwujudkan dengan mengundang sejumlah instansi terkait yang berada di kabupaten dan kota untuk duduk bersama, menemukan solusi yang tepat mengatasi banjir dan genangan air, sekaligus untuk mewujudkan ibu Kota Provinsi Gorontalo tahun 2021 bebas dari banjir atau genangan air.

“Kami sudah rapat sinkronisasi dan koordinasi dalam rangka penanggulangan genangan air di Kota Gorontalo oleh sejumlah instansi,” Kata Handoyo Sugiharto, Selasa (14/7/2020).

Pertemuan yang digagas Dinas PUPR Provinsi Gorontalo ini dihadiri Bapppeda Provinsi Gorontalo, Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango, Dinas PUPR Kota Gorontalo, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Gorontalo dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pertemuan ini  menghasilkan beberapa kewenangan yang akan ditindaklanjuti.

“Sudah kami sepakati untuk pembagian kewenangan. Contohnya siapa yang memiliki kewenangan pembangunan saluran primer atau saluran pembuang akhir,  siapa yang melaksanakan pembuatan saluran sekunder serta siapa yang nantinya melaksanakan pembangunan saluran pembuangan tersier atau saluran lingkungan,” ujar Handoyo Sugiharto.

Handoyo Sugiharto juga menjelaskan mereka telah menghasilkan sejumlah rencana kerja pada tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh setiap instansi untuk penanganan banjir dalam rangka mewujudkan ibu kota Provinsi Gorontalo bebas genangan air.

“Kami sudah sepakati tahun depan Bappeda Kota akan membuat master plan keseluruhan dari sistem drainase di Kota Gorontalo, Dinas PUPR Provinsi Gorontalo tahun depan akan memprogramkan pembuatan normalisasi saluran Tanggidaa dan BWS akan segera melakukan pembangunan untuk sungai serdadu dan serta sungai Tamalate. Sedangkan Dinas PUPR Kota Gorontalo akan melaksanakan pembangunan saluran sekunder di beberapa titik,” tutur Handoyo Sugiharto.

Dari hasil rapat ini akan segera ditindaklanjuti instansi terkait agar rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mewujudkan Ibu Kota bebas banjir bisa segera terwujud.

“Mudah-mudahan seluruh perencanaan ini bisa segera dilaksanakan, sehingga action plan menjadikan Kota Gorontalo sebagai ibu kota provinsi bebas banjir segera terwujud,” ujar Handoyo Sugiharto.

 

Pewarta: Yudi - PUPR

Baca 86 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama